Kemkominfo Persiapkan Jaringan 5G untuk Dukung KTT G20


Senin,29 November 2021 - 13:16:03 WIB
Kemkominfo Persiapkan Jaringan 5G untuk Dukung KTT G20 sumber foto liputan6.com

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, menyatakan siap mendukung kelancaran Presidensi G20 di Bali. Pihaknya saat ini sedang menyiapkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi berupa konektivitas 5G, hingga perangkat pendukung yang akan dipakai untuk pertemuan virtual.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, sudah jelas Keketuaan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 ada dua target yang harus sukses,” jelasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (27/11/2021). "Sukses dari sisi substansi dan sukses terhadap penyelenggaraannya. Dua hal ini yang sedang dilakukan."

Guna menjalankan dua arahan tersebut, Menteri Johnny menyatakan panitia penyelenggara dari kementerian dan lembaga telah merancang sebanyak 118 rapat. Menurut Menkominfo, aspek substansi Presidensi G20 berkaitan dengan Sherpa Track, Finance Track, Working Group maupun Engagement Group.

“Kementerian Kominfo secara berkala akan memberikan update kepada pemangku kepentingan dan ekosistem industri dan publik, mengenai perkembangan pembahasan Pokja Ekonomi Digital pada pertemuan G20,” ujarnya.

Persiapkan Infrstruktur TIK

Lebih lanjut, Menteri Johnny menyatakan keseluruhan rangkaian rapat itu akan berlangsung di 16 atau 17 kota Indonesia. Karenanya, Kementerian Kominfo sudah menyiapkan infrastruktur TIK dengan penyediaan jaringan 4G dan 5G

“Kominfo juga menyiapkan perangkat-perangkat virtualnya dengan menggunakan Webex dan menyediakan jaringan cadangan untuk mengantisipasi apabila tejadi ganguan konektivitas telekomunikasi,” tandasnya.

Mengenai standar penyediaan infrastruktur TIK dan konektivitas, Menkominfo menyatakan akan seperti penyelenggaraan World Super Bike beberapa waktu lalu di Sirkuit Mandalika.

“Seperti yang saat ini sedang kita lakukan dalam penyelenggaran World Super Bike, dan pada saat Moto GP Mandalika nanti disediakan juga jaringan backup. Begitu juga dengan event internasional G20 Summit,” tuturnya. (RF)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]