Sambut Euro4 di Indonesia, UD Trucks Siapkan Truk yang Lebih Ramah Lingkungan


Kamis,30 Desember 2021 - 15:45:28 WIB
Sambut Euro4 di Indonesia, UD Trucks Siapkan Truk yang Lebih Ramah Lingkungan sumber foto liputan6.com

Pemerintah Indonesia telah menetapkan kendaraan bermesin diesel yang niagakan pada April 2022 harus memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro 4. Hal tersebut, sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4.

Dilansir dari laman liputan6.com. Berbagai pabrikan kendaraan komersial telah melakukan persiapan, termasuk Astra UD Trucks. Tidak hanya soal pelayanan purna jual, tapi juga produk yang memang lebih ramah lingkungan. "Mau tidak mau, produsen atau pabrikan harus membuat produk dengan standar Euro4 yang bsesuai aturan yang ada. Kalau tidak begitu, tidak bisa jualan jadi kita sudah siapkan," jelas Chief Operating Officer (CEO) Astra UD Trucks, Bambang Widjanarko, dalam acara diskusi bersama media di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2021) malam.

Produsen asal Jepang ini juga menyebut, akan mengkonversi kendaraan yang sudah dijualnya, dari Euro3 menjadi Euro4 dengan mesin teknologi common-rail. Truk yang dipilihnya, adalah UD Trucks Quester. Selain itu, ada juga produk yang memang benar-benar baru, dan akan segera dihadirkan untuk pasar Tanah Air. Namun, terkait model barunya tersebut, pihak Astra UD Truck belum mau membeberkan secara rinci. "Sebenarnya, produk tersebut sudah disiapkan prinsipal dan nanti tunggu tanggal mainnya," pungkasnya.

Persiapan Purna Jual

Astra UD Trucks telah mempersiapkan program khusus bagi para pelanggan yakni UD Pro-Care yang memberi total pelayanan purna jual menyeluruh meliputi servis dan part bagi para pengusaha atau pelanggan yang tidak mau dipusingkan lagi dengan investasi sumber daya manusia (mekanik), suku cadang, peralatan dan perlengkapan teknis, serta fasilitas bengkel dan gudang penyimpanan suku cadang.

"Program ini memberikan fasilitas dan kemudahan bagi pelanggan dalam hal pembayaran, discount khusus dan prioritas layanan. UD Pro-Care dikemas dalam bentuk perjanjian kerja sama yang professional dan saling menguntungkan," tambah Bambang. Program UD Pro-Care Astra UD Trucks mencakup layanan solusi total purna jual melalui program 24/7 Technical Assistance, Layanan Emergency dan Layanan Kunjungan Mobile service.

Selain itu untuk menunjang operasional pelanggan, kami memiliki On-Site Service dimana Astra UD Trucks menempatkan mekanik di manapun lokasi operasional pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mengunjungi bengkel Astra UD Trucks. "Seiring dengan tuntutan teknologi baru dalam industri transportasi, muncul kekhawatiran di kalangan para pengusaha truk, pengemudi, maupun mekanik yang dapat kami pahami," tambahnya. (RF)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]