Dua Gejala Baru yang Ditemukan pada Pasien Omicron


Rabu,05 Januari 2022 - 11:07:57 WIB
Dua Gejala Baru yang Ditemukan pada Pasien Omicron Sumber foto tempo.co

Varian Covid-19 Omicron yang disebut mudah menular menimbulkan keresahan di banyak negara. Para ilmuwan dan profesional medis mengamati dengan cermat setiap perkembangan baru. Sebagian besar gejala yang terkait dengan varian Covid-19 baru tetap sama, ada beberapa gejala baru yang dilaporkan dialami orang yang terinfeksi Omicron meskipun sudah divaksinasi lengkap.

Dilansir dari laman tempo.co. Sampai sekarang, varian Omicron dikatakan hanya menimbulkan infeksi ringan dengan beberapa gejala yang menyerupai flu biasa. Gejala yang muncul antara lain sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, merasa lelah dan sering bersin, seperti pilek atau flu biasa.

Profesor Tim Spector, kepala aplikasi studi ZOE Covid Inggris, gejala ringan Omicron juga bisa berupa demam, batuk, dan kehilangan penciuman. Gejala yang sama juga dirasakan oleh orang yang sudah divaksinasi, tapi lebih ringan lagi. “Tidak sedikit dari mereka yang mengalami mual, demam ringan, sakit tenggorokan, dan sakit kepala,” katanya, dikutip dari Times of India, Minggu, 2 Desember 2021.

Studi ZOE Covid juga mencatat dua gejala Omicron paling tidak biasa yang mungkin belum umum, yakni muntah dan kehilangan selera makan. Spector mengatakan bahwa dua gejala ini lazim ditemukan pada orang yang sudah mendapatkan dua kali vaksin Covid-19 dan mereka yang sudah mendapatkan booster.

Jadi, jika sakit dan mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas, periksakan diri sesegera mungkin. Ingatlah untuk mengisolasi diri sampai hasilnya keluar. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat merekomendasikan mengisolasi setidaknya 10 hari setelah timbulnya gejala.

Orang yang pernah positif Covid-19 juga tidak boleh lengah karena infeksi ulang Omicron masih bisa dialami, menurut laporan WHO. "Bukti awal menunjukkan mungkin ada peningkatan risiko infeksi ulang dengan Omicron dibandingkan dengan varian lain yang menjadi perhatian, tetapi informasinya terbatas," demikian keterangan badan kesehatan global itu.

Karena itu, penting untuk mengikuti perilaku yang sesuai dengan Covid-19, memakai masker dan terus mempraktikkan jarak sosial. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]