Erick Thohir Resmi Rilis BUMN Pangan, ID FOOD


Rabu,12 Januari 2022 - 14:14:22 WIB
Erick Thohir Resmi Rilis BUMN Pangan, ID FOOD sumber foto cnnindonesia.com

Menteri BUMN Erick Thohir resmi meluncurkan ID FOOD, holding BUMN Pangan untuk menciptakan ekosistem pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Holding BUMN Pangan juga dimaksudkan untuk memperbaiki rantai pasok. "Holding pangan dengan merek ID FOOD ini bukan hanya ganti logo, tapi juga harus dipastikan ekosistem yang ada di BUMN mengenai supply chain antara grup pangan BUMN harus bisa diperbaiki dan ditingkatkan," ujarnya dalam acara peluncuran di di kawasan Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Rabu (12/1).

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Pemerintah menetapkan PT RNI (Persero) atau RNI sebagai induk holding BUMN Pangan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 118 Tahun 2021 yang diteken pada penghujung tahun lalu. Ke depan, RNI sebagai induk holding akan membawahi lima perusahaan pelat merah sektor pangan. Yakni, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia, PT Berdikari, dan PT Garam, kepada PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Pembentukan BUMN Pangan tersebut sejalan dengan visi misi pemerintah dalam melaksanakan transformasi sektor pangan hingga berbagai komoditas pangan mulai dari beras, jagung, ayam, sapi, kambing, ikan cabai, bawang, gula, dan garam. Perusahaan akan terhubung dalam satu rantai pasok yang ujungnya sampai ke penjualan ritel dan bisa naik kelas menjadi perusahaan berskala dunia.

BUMN Pangan tetap menerapkan tata kelola perusahaan modern, baik mengenai potensi pengembangan bersifat organik dan non organik. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi berharap peluncuran identitas baru holding BUMN pangan bisa memicu semangat pihaknya untuk mewujudkan tiga tujuan utama.

Pertama, mendukung ketahan pangan nasional. Kedua, menciptakan inklusivitas dan kesejahteraan petani, peternak. Ketiga, menjadi perusahaan pangan berkelas dunia. "Semoga BUMN Pangan dapat memberikan peran yang lebih pada ekosistem pangan nasional, sehingga bisa hadir di tengah masyarakat Indonesia," terang dia. (RF)





 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]