Gejala Covid-19 Varian Omicron dan Kapan Harus Tes Covid?


Senin,31 Januari 2022 - 14:29:32 WIB
Gejala Covid-19 Varian Omicron dan Kapan Harus Tes Covid? sumber foto cnnindonesia.com

Berbeda dengan gejala virus corona varian Delta, virus corona varian omicron disebut memiliki gejala seperti flu. Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengimbau masyarakat yang merasakan sakit tenggorokan maupun gejala flu segera memeriksakan diri agar kemungkinan mereka terinfeksi covid varian omicron dapat cepat terdeteksi.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Ketua Pokja Infeksi PDPI Erlina Burhan mengatakan pemeriksaan dini perlu dilakukan karena gejala infeksi varian omicron mirip dengan yang dialami penderita flu, terutama dengan gejala nyeri tenggorokan.

"Salah satu karakteristik dari omicron ini adalah daya tularnya yang sangat lebih tinggi dibandingkan dengan varian sebelumnya," katanya. "Tidak selalu disertai dengan demam, pasien saya 30 persen cuma yang demam. Kadang enggak ngerasa demam, cuma tiba-tiba nyeri tenggorokan, enggak enak badan, badannya lemas."

Apa saja gejala-gejala covid-19 varian omicron? Mengutip berbagai sumber, ada serangkaian gejalabaru omicron. Berikut gejalanya :

1. Demam atau kedinginan
2. Batuk
3. Sesak napas atau kesulitan bernapas
4. Kelelahan
5. Nyeri otot atau tubuh
6. Sakit kepala
7. Hidung tersumbat atau pilek
8. Mual atau muntah
9. Diare

Kapan perlu tes PCR atau antigen setelah kontak dengan pasien positif omicron?

Ahli Mikrobiologi Budi Haryanto mengungkapkan bahwa masa inkubasi Covid-19varian Omicron lebih cepat dibanding varian Delta. Masa inkubasi varian omicron disebut hanya butuh waktu sekitar lima hari.

Budi menuturkan, waktu terbaik untuk melakukan tes swab adalah hari ketiga setelah kontak erat dengan pasien positif. Jika menunjukkan hasil negatif, maka suspek dianjurkan melakukan tes swab lagi sehari setelahnya.

"Masa inkubasi sekitar 3 hari lebih cepat dibanding yang delta. [Jadi] sekitar 5 hari [inkubasi]. [Tes swab dilakukan] hari ketiga dan keempat setelah kontak. Bila hasil negatif di hari ketiga, lanjut [tes] di hari keempat," ujar Budi saat dihubungi oleh CNNIndonesia.com, Minggu (30/1). (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]