Penyebab Infeksi Otak dan Cara Mencegahnya


Kamis,03 Februari 2022 - 16:37:42 WIB
Penyebab Infeksi Otak dan Cara Mencegahnya sumber foto kompas.com

Penyebab paling umum infeksi otak adalah beberapa jenis bakteri dan virus. Penyakit ini perlu diwaspadai. Pasalnya, infeksi otak dapat merusak otak, memicu stroke, bahkan menyebabkan kematian. Infeksi otak dapat menyerang jaringan otak, selaput selubung otak, sumsum tulang belakang, atau organ sekitarnya.

Dilansir dari laman kompas.com. ada beberapa jenis infeksi otak yang biasanya menyerang. Di antaranya meningitis, ensefalitis, myelitis, dan abses otak. Kenali penyebab dan cara mencegah penyakit ini.

Penyebab infeksi otak

Melansir Verywell Health, ada beberapa kemungkinan penyebab infeksi otak, antara lain:

  • Virus

Virus herpes simpleks, virus varicella zoster, cytomegalovirus, virus epstein-barr, virus influenza, virus penyebab penyakit zika dan west nile dapat menyebabkan infeksi otak. Infeksi otak karena virus dapat menyerang otak, sumsum tulang belakang, dan organ sekitarnya.

  • Bakteri

Infeksi otak juga bisa disebabkan Streptococcus pneumoniae, grup B Streptococcus, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, dan Listeria monocytogenes. Jenis infeksi otak karena bakteri biasanya lebih sering menyerang ketimbang virus.

  • Jamur

Infeksi jamur yang menyerang otak biasanya disebabkan jamur aspergillus, blastomyces, coccidioides, atau cryptococcus.

  • Parasit

Infeksi otak bisa disebabkan oleh parasit toksoplasmosis, sistiserkosis, schistosomiasis, atau strongyloides.

  • Gangguan sistem kekebalan tubuh

Gangguan sistem kekebalan tubuh bisa meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi otak. Penderita HIV/AIDS rawan terkena infeksi otak jenis abses otak. Sedangkan penyakit multiple sclerosis dapat menyebabkan mielitis.

Cara mencegah infeksi otak Penyakit infeksi otak rentan menular. Virus dan bakteri penyebab infeksi otak bisa menyebar lewat kontak dekat, lewat cairan pernapasan, atau saat berbagi makanan dan bergantian alat makan dengan penderita. Penyakit ini tidak selalu dapat dicegah. Namun, beberapa kuman penyebab infeksi otak kini bisa dicegah dengan bantuan vaksin. Berikut beberapa cara mencegah infeksi otak:

  • Dapatkan vaksin meningokokus untuk mencegah meningitis, vaksin pneumokokus untuk melindungi diri dari infeksi S. pneumoniae, dan vaksin HIB untuk melindungi diri dari infeksi Haemophilus influenzae tipe B
  • Untuk mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebar ke otak, jaga kebersihan dengan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan hindari kontak dengan orang sakit
  • Untuk melindungi diri Anda dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk atau kutu yang dapat menyebabkan infeksi otak, gunakan obat nyamuk dan pilihlah baju lengan panjang dan celana panjang saat berada di luar ruangan
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk mencegah genangan air tempat bersarangnya nyamuk biang penyakit

Infeksi otak adalah penyakit berbahaya yang bisa mengancam jika. Jika Anda berisiko terkena penyakit ini atau ada orang terdekat yang merasakan gejala infeksi otak, segera dapatkan pengobatan yang tepat. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]