5 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Anda Terlalu Banyak Tidur


Jumat,04 Februari 2022 - 12:02:23 WIB
5 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Anda Terlalu Banyak Tidur sumber foto liputan6.com

Banyak dari kita mendambakan untuk bisa tidur malam yang nyenyak dan bangun dengan tubuh yang bugar. Sepertinya yang kita butuhkan hanyalah tidur, dan hidup akan langsung membaik begitu kita tidur sebanyak yang kita inginkan.

Dilansir dari laman liputan6.com. Namun, tidur sebenarnya bisa berubah dari teman menjadi musuh jika kita menikmatinya tanpa batas. Ya, mungkin banyak yang tak tahu bahwa tidur terlalu banyak memiliki efek samping. Dilansir dari Brightside, berikut deretan hal yang akan terjadi pada tubuh Anda jika terlalu banyak tidur.

1. Anda Mungkin Akan Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Tentu tak sedikit yang berpikir bahwa banyak tidur dapat membuat tubuh lebih bugar. Anehnya, banyak tidur tidak akan membuat Anda merasa segar dan berenergi. Sebaliknya, Anda akan mengalami kelelahan dan keengganan untuk melakukan apapun. Jumlah tidur yang disarankan adalah antara 7-9 jam untuk orang dewasa. Jika Anda tidur lebih dari itu, justru dapat membuat Anda tidak bisa fokus.

2. Anda Mungkin Rentan Terhadap Sakit Kepala

Terlalu banyak tidur biasanya dapat menyebabkan sakit kepala. Terlebih lagi, jika Anda mendengkur, Anda cenderung terbangun dengan sakit kepala. Sebuah survei menunjukkan bahwa 60% pendengkur rentan terhadap sakit kepala.

3. Kondisi Kronis Anda Mungkin Memburuk

Umumnya tidur terlalu banyak justru memperburuk Depresi kronis dan kondisi lain, seperti sakit punggung. Selain itu, jika Anda cenderung terengah-engah di malam hari (juga dikenal sebagai sleep apnea), Anda mungkin tinggal di tempat tidur lebih lama karena kualitas tidur yang buruk. Akibatnya, kondisi jantung bisa memburuk.

4. Anda Mungkin Merasa Mudah Tersinggung

Alih-alih merasa bahagia dan penuh energi, Anda lebih cenderung bangun dengan perasaan yang murung. Bangun dengan perasaan sudah lelah dan menyadari bahwa Anda tidak bisa seproduktif yang Anda inginkan dapat merusak suasana hati Anda dan membuat Anda lebih mudah tersinggung dan marah.

5. Tubuh Anda Lebih Cepat Menua Sebelum Waktunya

Tidak hanya wajah Anda menua lebih cepat, tetapi juga otak Anda. Diperkirakan yang terakhir dapat berusia 2 tahun. Tidur terlalu banyak menyebabkan masalah memori dan konsentrasi. Selain itu, tidur berlebihan dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan. (RF)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]