5 Tanda Sakit Kepala Anda adalah Akibat Omicron


Jumat,04 Februari 2022 - 15:02:03 WIB
5 Tanda Sakit Kepala Anda adalah Akibat Omicron sumber foto liputan6.com

Kita semua pernah mengalaminya: bangun dengan tenggorokan gatal, batuk kering, atau bahkan sakit kepala sederhana dan berpikir, "Apakah ini Covid-19?" Selama dua tahun terakhir, gejala umum telah dikaitkan dengan Covid-19, sehingga sulit untuk mengetahui tanpa menguji apakah Anda telah terinfeksi atau tidak.

Dilansir dari laman liputan6.com. Dan sekarang, varian Omicron telah meningkatkan beberapa kekhawatiran ini, karena versi virus ini menyebar lebih cepat daripada varian sebelumnya dan menginfeksi orang yang divaksinasi atau pernah terinfeksi Covid. Menurut Aplikasi Studi COVID Zoe Inggris, sakit kepala adalah salah satu dari lima gejala Omicron yang paling umum. Tetapi mengalami sakit kepala juga bisa menjadi tanda dari begitu banyak masalah yang berbeda — banyak yang jauh lebih kecil daripada virus corona.

Jadi bagaimana Anda tahu jika sakit kepala Anda adalah Covid terlebih varian Omicron? Dokter mengatakan ada lima tanda bahwa rasa sakit Anda mungkin menunjukkan bahwa Anda telah terinfeksi.

Lima tanda Anda mungkin mengalami sakit kepala COVID

Sakit kepala telah dikaitkan dengan COVID selama beberapa waktu sekarang, dan varian Omicron tidak berbeda. Tetapi sakit kepala tidak selalu merupakan tanda infeksi virus corona, jadi para peneliti telah mencari cara untuk membedakan antara sakit kepala COVID dan sakit kepala non-COVID. Menurut Aplikasi Studi Zoe COVID, dokter telah menunjukkan lima faktor yang cenderung ada ketika seseorang menghadapi gejala ini karena virus corona.

Sakit kepala COVID biasanya memiliki tiga faktor berbeda dalam hal bagaimana rasanya:

- sakit sedang hingga parah,

- terjadi di kedua sisi kepala dan bukan di satu area,

- berdenyut, menekan, atau menusuk.

Namun ada juga dua ciri lagi yang harus Anda waspadai. Jika Anda mengalami sakit kepala karena Anda memiliki Omicron:

- itu kemungkinan akan berlangsung selama lebih dari tiga hari,

- resisten terhadap obat penghilang rasa sakit biasa.

Sakit kepala adalah salah satu gejala Omicron yang paling umum

Jika Anda terinfeksi COVID akhir-akhir ini, Anda hampir pasti berurusan dengan varian Omicron. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), varian ini saat ini diperkirakan menyumbang lebih dari 99 persen kasus baru di AS.

Departemen Kesehatan Negara Bagian Washington melaporkan pada 26 Januari bahwa 60 persen pasien Omicron dilaporkan memiliki sakit kepala, menjadikannya salah satu gejala varian yang paling umum.

"Meskipun sakit kepala adalah gejala COVID-19 yang kurang terkenal, itu adalah salah satu tanda awal penyakit dan lebih umum daripada gejala 'klasik' batuk, demam, dan kehilangan penciuman," para peneliti di Zoe COVID-19 Studi menjelaskan di situs web mereka. Dan dengan Omicron, gejala klasik COVID ini lebih jarang muncul, sementara sakit kepala lebih sering muncul. "Anda tidak harus menunggu tiga gejala klasik," Tim Spector, ilmuwan utama di Zoe Covid Study App, mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan.

Cara Omicron menginfeksi tubuh mungkin membuat sakit kepala lebih umum

Tidak mengherankan bahwa COVID menyebabkan jenis sakit kepala ini. “Banyak virus pernapasan—termasuk COVID—menyebabkan sakit kepala,” Amesh A. Adalja, MD, seorang sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan kepada Prevention.

William Schaffner, MD, seorang spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine mengatakan kepada majalah itu bahwa dengan COVID, "pemikiran umum adalah bahwa tubuh Anda mengalami reaksi peradangan saat melawan virus," dan sakit kepala adalah bagian dari tanggapan itu.

Lebih sering terjadi pada varian Omicron

Tetapi dokter mengatakan mungkin juga ada alasan mengapa gejala ini tampaknya lebih sering terjadi pada varian Omicron. Versi virus ini tampaknya lebih fokus pada saluran pernapasan bagian atas — yang mencakup sinus Anda — daripada varian sebelumnya, Thomas Russo, MD, seorang profesor dan kepala penyakit menular di Universitas di Buffalo di New York, mengatakan kepada Prevention.

"[Dan] sakit kepala biasanya terjadi dengan radang sinus," jelasnya, menambahkan bahwa dikombinasikan dengan stres karena terinfeksi COVID, "sangat masuk akal" bahwa orang dengan Omicron akan mengalami sakit kepala.

Anda lebih mungkin mengalami sakit kepala jika Anda memiliki infeksi terobosan

Jika Anda sudah mendapatkan vaksinasi, Anda mungkin ingin lebih waspada dalam mewaspadai gejala Omicron ini. Maya N. Clark-Cutaia, PhD, seorang profesor di New York University Meyers College of Nursing, mengatakan kepada The New York Times bahwa pasien yang divaksinasi yang terinfeksi Omicron cenderung mengeluh sakit kepala, serta nyeri tubuh dan demam, lebih sering. dibandingkan pasien yang tidak divaksinasi.

Adalja mengatakan kepada Prevention bahwa ini mungkin juga karena gejala Omicron lebih ringan pada orang yang divaksinasi lengkap, yang mungkin membuat gejala yang kurang parah seperti sakit kepala lebih terlihat.

Di sisi lain, individu yang tidak divaksinasi lebih cenderung memiliki beberapa gejala seperti flu yang lebih klasik ketika terinfeksi Omicron. Menurut Clark-Cutaia, orang yang belum divaksinasi masih sering mengalami sesak napas dan batuk dengan varian ini. (RF)

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]