7 Pilihan Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dalam Tubuh


Kamis,06 Mei 2021 - 10:39:31 WIB
7 Pilihan Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dalam Tubuh sumber foto kompas.com

Asam urat adalah hasil metabolisme zat purin. Purin banyak terkandung di makanan seperti daging merah, seafood, dan jeroan. Orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah beresiko mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti artritis akut, batu ginjal, hingga gagal ginjal. Gangguan kesehatan ini disebabkan asam urat di dalam darah yang mengkristal dan terjebak di saluran kencing atau persendian.

Dilansir dari laman kompas.com, cara menurunkan kadar asam urat dalam darah sangat beragam. Yang paling umum adalah mengonsumsi obat-obatan dan menghindari makanan yang tinggi purin. Namun, rasanya tidak nyaman jika harus terus-terusan mengonsumsi obat. Anda juga mungkin masih ingin mengonsumsi daging merah atau seafood karena mungkin ini adalah makanan favorit Anda. Ternyata, ada cara alami untuk menurunkan asam urat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Dilansir dari Health Line (19/1/2019), berikut herbal yang bisa membantu Anda menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Brotowali

Brotowali atau akar ali-ali adalah tanaman obat yang biasa ditanam di pekarangan rumah atau tumbuh liar. Orang menggunakannnya dengan cara merebus batangnya, lalu diminum air rebusannya. Rasanya sangat pahit, namun dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia.

Sebuah penelitian tahun 2017 yang dipublikasikan di Pyhto Journal, menyebutkan bahwa sari batang brotowali efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Studi lain pada tahun 2014 oleh Goel B menyebutkan bahwa brotowali memiliki efek antiinflamasi dan meredakan nyeri pada binatang pengerat. Namun butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek ini pada manusia.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu yang banyak digunakan dalam masakan di Indonesia. Sebut saja gulai, ayam goreng, soto, dan banyak kuliner enak lainnya. Selain warna dan rasanya yang menarik, kunyit juga memliki efek antiinflamasi. Sudah banyak studi yang membuktikan efektivitas kunyit sebagai antiinflamasi pada gejala asam urat, seperti artritis. Tapi sayangnya, kunyit hanya meringankan gejala radang saja dan tidak menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ceri

Walaupun kebanyakan buah baik untuk penderita asam urat, namun ceri adalah buat yang paling baik. Ceri mampu mencegah serangan asam urat akut. Ceri menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi radang atau inflamasi. Hal ini terbukti dalam sebuah studi yang di publikasikan di Pubmed NCBI pada tahun 2003. Ceri menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urin sejak 5 jam setelah dikonsumsi. Studi lain juga menunjukkan bahwa konsumsi ceri atau ekstrak ceri secara rutin menurunkan resiko serangan asam urat akut hingga 35%.

Delima

Buah satu ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan kaya akan antioksidan. Namun ternyata, delima juga bisa menurunkan asam urat dalam tubuh walaupun tidak seefektif buah ceri. Teh hijau Zat polifenol dalam teh hijau terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Teh hijau menurunkan asam urat dengan cara meningkatkan pengeluaran urin.

Paria

Sayuran satu ini memiliki rasa yang pahit, namun banyak yang menyukainya. Biasanya paria atau pare dimasak dengan cara digulai atau ditumis. Paria digunakan dalam perawatan Ayurveda di India dan sering diberikan pada pasien yang menderita asam urat. Namun, belum ada studi ilmiah yang membuktikan bahwa paria bisa menurunkan asam urat dalam tubuh.

Kopi

Dilansir dari Medscape tahun 2007, konsumsi kopi secara rutin juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun perlu Anda perhatikan jangan sampai Anda malah terkena penyakit lain seperti diabetes karena terlalu banyak menambahkan gula atau tambahan lainnya ke dalam kopi Anda. Contoh tambahan lain yang kurang sehat namun sering dimasukkan ke dalam kopi Anda adalah whipped cream. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]