Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Rem Blong pada Mobil Matik


Kamis,10 Maret 2022 - 10:47:26 WIB
Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Rem Blong pada Mobil Matik Sumber foto tempo.co

Rem blong merupakan masalah yang bisa disebabkan berbagai hal seperti kerusakan komponen pada sistem pengereman, usia mobil yang sudah tua, hingga kondisi mobil yang jarak dirawat atau jarang diservis secara berkala. Rem blong ini bisa terjadi pada mobil bertransmisi manual maupun matik.

Dilansir dari laman tempo.co. Dalam kondisi rem mobil mengalami malfungsi atau rem blong, langkah pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Saat kondisi tenang, anda bisa memikirkan cara untuk mengatasi rem blong ini.

Berikut adalah 5 tips mengatasi rem blong pada mobil metik, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Kamis, 10 Maret 2022.

1. Gunakan Rem Tangan

Saat mobil mengalami rem blong, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menarik rem tangan. Penggunaan rem tangan ini dapat membantu menghentikan laju mobil saat mobil dalam kecepatan tinggi.

2. Turunkan Kecepatan

Selain menggunakan rem tangan, menurunkan kecepatan mobil saat rem blong adalah dengan cara menurunkan gigi secara bertahap.

3. Jangan Injak Pedal Gas

Saat rem blong, biasaya pengemudi akan merasa panik. Tapi dalam kondisi ini, pastikan anda tidak menginjak pedal gas karena hal tersebut akan membuat mobil menjadi melaju semakin kencang.

4. Jangan Matikan Mesin Mobil

Saat rem blong mungkin banyak yang berpikir mematikan mobil adalah solusi yang tepat. Tapi nyatanya, cara ini justru salah dan malah membahayakan banyak orang. Saat mesin mobil dimatikan, Anda justru tidak dapat menyalakan lampu darurat yang berfungsi menjadi peringatan bagi pengguna jalan sekitar untuk berhati-hati. Oleh sebab itu jangan pernah matikan mesin saat mengalami rem blong.

5. Arahkan Mobil ke Tepi Jalan

Saat kecepatan mulai menurun, lihat kondisi sekitar, dan arahkan mobil ke tepi kiri jalan. Jika sudah berada di jalur paling kiri, cari area aman untuk menghentikan mobil dan apabila ada rem darurat berupa tanjakan pasir, anda bisa manfaatkan ini. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]