4 Tips Agar Terhindar Dari Pembobolan ATM, Pahami Bedanya Phising dan Skimming


Selasa,29 Maret 2022 - 11:56:18 WIB
4 Tips Agar Terhindar Dari Pembobolan ATM, Pahami Bedanya Phising dan Skimming sumber foto liputan6.com

Jagat Twitter dibuat heboh atas kasus kehilangan uang seorang nasabah BCA. Tak tanggung-tanggung jumlahnya mencapai Rp135 juta. Tips agar tak jadi korban pembobolan ATM pun ramai dicari orang. Mereka belajar dari kasus nasabah BCA tersebut yang terkena skimming atau pembobolan.

Dilansir dari laman liputan6.com. Dalam sebuah utas di Twitter sang pemilik akun mengakui terjadi transaksi penarikan lewat rekeningnya dengan jumlah ratusan juta tersebut. Padahal dia sama sekali tidak pernah melakukannya. Saat ini manajemen BCA pun sedang melakukan penyelidikan mengenai apa yang sebenarnya terjadi pada rekening tersebut. Menghindari kekeliruan yang sama, tips agar tak jadi korban pembobolan ATM atau skimming ini layak diterapkan agar kejadian serupa tak menimpa anda. Berikut tipsnya.

1.Hati-Hati dalam Memilih Mesin ATM

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan berhati-hati dalam memilih ATM. Perhatikan baik-baik mesin sebelum melakukan transaksi. Jika ada yang janggal pada slot memasukkan kartu, hati-hati, lebih baik hindari penggunaan mesin tersebut.

2. Pilih Antrean yang Sepi

Di pusat-pusat perbelanjaan, sering kita jumpai orang-orang mengantre untuk mengambil uang. Meski tidak baik untuk selalu curiga, namun berhati-hati terhadap orang lain tetaplah perlu. Usahakan hindari antrean ramai saat mengambil uang untuk alasan keamanan. Namun, jika hal ini terpaksa dilakukan tetaplah waspada. Periksa kembali mesin ATM dan jangan membuang struk transaksi sembarangan. Pastikan pula kartu sudah keluar dari mulut mesin sebelum meninggalkan tempat.

3. Ganti PIN secara Berkala

PIN ATM adalah kode kunci untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, ubah PIN secara berkala agar terhindar dari masalah pembobolan. Mengubah PIN secara berkala juga berarti meminimalkan kemungkinan orang lain mengetahui PIN kita. Di samping itu, hati-hati ketika memasukkan PIN dalam mesin ATM. Selalu tutupkan tangan agar tidak ada orang lain yang bisa mengetahui PIN kita.

4. Cek Saldo Secara Berkala

Mengecek saldo secara berkala adalah tips selanjutnya untuk menghindari ATM dibobol. Cek saldo juga berguna untuk memastikan tidak ada yang hilang dari uang kita di tabungan. Mengecek saldo pun bisa dilakukan dengan mudah melalui m-banking. (RF)

 

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]