Kartu ATM Disable Artinya Apa? Berikut Penjelasan & Cara Mengatasinya


Rabu,30 Maret 2022 - 11:51:32 WIB
Kartu ATM Disable Artinya Apa? Berikut Penjelasan & Cara Mengatasinya sumber foto finance.detik.com

Pernah mengalami situasi di mana kartu ATM BRI milikmu disable? Jika kartu ATM disable artinya nasabah BRI tidak akan bisa melakukan transaksi jenis apapun. Sebagai informasi, BRI memang menerapkan sistem disable kartu untuk menjaga keamanan dari penyalahgunaan kartu ATM atau skimming.

Dilansir dari laman finance.detik.com. Sistem ini memang diberikan oleh pihak BRI kepada nasabah dan pengguna kartu ATM sebagai bentuk proteksi untuk memberikan kenyamanan, dan keamanan yang lebih baik. Lantas apa penyebab kartu ATM BRI yang disable? Lalu bagaimana cara mengatasi kartu ATM BRI yang disable? Berikut penjelasannya.

Pada dasarnya kartu ATM BRI dapat mengalami disable atau dinonaktifkan karena berbagai alasan. Salah satunya bisa karena pengguna kartu ATM salah memasukan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Selain itu kartu ATM BRI bisa mengalami disable bila pengguna telah melakukan transaksi yang mencurigakan. Atau disable kartu juga bisa dilakukan oleh pihak bank BRI apabila ada nasabah yang terdeteksi melakukan skimming atau penyalahgunaan kartu.

Di sisi lain layanan disable kartu ATM BRI ini juga bisa dilakukan jika pemiliknya kehilangan kartu ATM. Jika demikian nasabah dapat meminta secara langsung kepada pihak bank untuk memblokir kartu ATM tersebut atau men-disable-nya secara pribadi menggunakan layanan internet banking atau mobile banking.

Tentu saja hal ini dapat menjadi masalah bagi nasabah bila mereka tidak dapat menggunakan kartu ATM miliknya. Lantas bagaimana cara mengatasi kartu ATM disable? Setidaknya terdapat tiga cara paling mudah untuk enable kartu ATM BRI yang telah disable, yaitu dengan menggunakan Mobile Banking, Internet Banking, atau mengunjungi kantor BRI terdekat.

Berikut Cara Aktifkan (Enable) atau Non Aktifkan (Disable) Kartu ATM BRI Via Mobile Banking
1. Masuk ke menu Layanan Nasabah
2. Pilih Sub Menu Layanan Lain
3. Klik tulisan Disable/Enable Kartu
4. Masukkan PIN Mobile Banking
5. Klik kirim

Berikut Cara Aktifkan (Enable) atau Non Aktifkan (Disable) Kartu ATM BRI Via Internet Banking (Versi Web)
1. Login Internet Banking BRI
2. Pilih menu Layanan Nasabah
3. Pilih Sub Menu Layanan Lain
4. Klik tulisan Disable/Enable Kartu
5. Pilih Rekening yang kartu ATM-nya akan di Blokir atau Diaktifkan kembali (apabila memiliki lebih dari 1 nomor rekening aktif)
6. Masukkan Password Internet Banking
7. Klik kirim

Demikian sejumlah cara mengatasi kartu ATM Disable. Pastikan kartu ATM milikmu selalu terlindungi ya!

(RF)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]