Menular, Ada Beberapa Cara Terhindar dari Cacar Monyet


Rabu,25 Mei 2022 - 16:52:44 WIB
Menular, Ada Beberapa Cara Terhindar dari Cacar Monyet sumber foto cnnindonesia.com

Cacar monyet menjadi salah satu rangkaian masalah kesehatan yang melanda dunia bersamaan dengan covid-19 dan hepatitis akut. Ada beberapa cara terhindar dari cacar monyet. Cacar monyet merupakan kerabat dekat cacar yang biasanya menyebabkan penyakit yang lebih ringan. Penyakit ini merupakan penyakit endemik di Afrika barat dan tengah.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Laporan terbaru tentang cacar monyet di Inggris, Portugal, Spanyol, dan AS telah menimbulkan kekhawatiran di antara pejabat kesehatan internasional karena pola penularannya tampak tidak biasa. "Kami memiliki tingkat kekhawatiran bahwa ini sangat berbeda dari apa yang biasanya kami pikirkan tentang cacar monyet," Jennifer McQuiston, pakar penularan penyakit dari hewan ke manusia di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, mengatakan kepada STAT dikutip dari Insider.

Sebelum mengetahui cara terhindar dari cacar monyet, ada baiknya untuk mengetahui mengapa cacar monyet sangat menular. Begitu cacar monyet masuk ke manusia, virus tersebut menyebabkan gejala mirip flu termasuk demam, nyeri, dan kelelahan, serta ruam merah yang bakal berubah menjadi bisul berisi nanah yang menular.

Saat bisul pecah dan mengeras, infeksi dapat menyebar melalui kontak langsung dengan lesi.Keropeng yang ditimbulkannya sangat, sangat menular, dan bahkan dapat ditularkan melalui selimut atau sprei. "Anda memiliki bahan lesi - nanah, koreng - semua legiun itu penuh dengan satu ton virus, dan virus itu sangat stabil," kata ahli epidemiologi CDC Andrea McCollum kepada Insider."Virusnya adalah virus DNA untai ganda, yang secara alami sangat berbahaya."

Menurut CDC, penularan cacar monyet bisa menyebar melalui kontak tatap muka erat. Virus dapat menyebar melalui tetesan besar yang dihembuskan - seperti semprotan batuk atau bersin. Penularan melalui kontak erat dengan hewan atau manusia yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi virus.

"Penularan dapat melalui darah, air liur, cairan tubuh, Lesi kulit atau cairan pada cacar, kemudian droplet pernapasan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril dari laman Kemenkes.

Cara terhindar dari cacar monyet

Ada beberapa cara untuk mencegah penularan virus cacar monyet. Berikut beberapa caranya. "Ini adalah penyakit serius, dan sesuatu yang harus dihindari dan coba dicegah," kata Jimmy Whitworth, pakar penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Kemenkes RI mengungkapkan upaya pencegahan untuk masyarakat, jika mengalami gejala demam dan ruam harap memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. Masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat.

1. Jangan bepergian

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya, seperti yang ditunjukkan McCollum, adalah mencoba menghindari perjalanan udara saat Anda sakit.

2. Hindari kontak erat dengan pasien

Penyakit ini menular melalui kontak erat dengan pasien yang terinfeksi. Hindari kontak erat dengan pasien, jika terpaksa maka jangan lupa pakai masker dan mencuci tangan setelahnya.

3. Hindari hubungan seksual dengan pasien

WHO sudah menyatakan bahwa cacar monyet menular melalui hubungan seksual karena kontak erat. Namun ini bukan termasuk infeksi penyakit menular. Artinya, cacar monyet tak menular melalui cairan vagina atau sperma. Namun salah satu cara terhindar dari cacar monyet adalah menghindari hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi atau kemungkinan terinfeksi penyakit ini.

4. Pakai masker

Sama seperti pencegahan penularan covid-19, pencegahan cacar monyet juga bisa dilakukan dengan memakai masker.

5. Vaksin cacar

Vaksin cacar air disebut masih efektif untuk mencegah cacar monyet. WHO menyebut vaksin cacar air masih efektif 85 persen untuk mencegah cacar monyet. Demikianlah beberapa cara terhindar dari cacar monyet. (RF)





 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]