Wuling Pamer Mobil Listrik Buatan Cikarang, Berapa Harganya?


Kamis,02 Juni 2022 - 16:55:00 WIB
Wuling Pamer Mobil Listrik Buatan Cikarang, Berapa Harganya? sumber foto oto.detik.com

Pabrikan asal China Wuling untuk pertama kalinya memamerkan mobil listrik yang bakal diproduksi di pabrik kawasan Cikarang. Namun, mobil itu belum secara resmi dijual di Indonesia. Meski baru menampakkan wujud, tentu hal yang cukup membuat penasaran adalah harga jualnya.

Dilansir dari laman oto.detik.com. Sayang, soal harga juga belum diungkap lebih lanjut. Kendati begitu, dipercaya harga mobil listrik Wuling ini bisa dijual dengan harga lebih terjangkau. Seperti diketahui bersama, faktor harga tanpa ditambah teknologi anyar menjadi salah satu strategi Wuling di tengah kerasnya persaingan pasar otomotif Indonesia. Beberapa model mobil Wuling yang dijual di Indonesia dibanderol 'miring' bila membandingkan dengan pabrikan Jepang.

"Bagi Wuling, inovasi merupakan pilar utama dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya didorong oleh semangat Drive For A better Life, karena kami percaya bahwa setiap inovasi berperan dalam menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi setiap orang. Inovasi mobil listrik yang akan kami pasarkan di Indonesia ini mengusung bahasa desain future-tech yang mendeskripsikan tampilan kendaraan dari masa depan," jelas Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors dalam keterangan resminya.

Sedangkan untuk harga mobil listrik di Indonesia, saat ini paling murah dibanderol mulai Rp 480 jutaan. Itu pun bukan mobil penumpang, melainkan kendaraan komersial garapan sesama pabrikan China, DFSK. Sedangkan untuk mobil penumpang bertenaga listrik, termurah dibanderol Rp 600 juta ke atas. Bukan tidak mungkin harga mobil listrik Wuling lebih rendah dari banderol tersebut. Tak menutup kemungkinan juga harganya lebih tinggi dari itu.

Kalau mau lebih dilirik, setidaknya mobil listrik Wuling bisa dijual dengan harga di kisaran Rp 200-300 jutaan. Mengapa demikian? Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), harga mobil Rp 200-300 jutaan itu paling banyak diminati masyarakat.

Di sisi lain, pemerintah telah menyiapkan skema agar harga mobil listrik bisa terjangkau dengan memperkecil jenis baterai sekaligus memproduksi mini compact car. Ko.Subdit Industri Alat Transportasi Darat IMATAP Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetyo dalam sebuah diskusi belum lama ini juga mengungkap kemungkinan akan ada mobil listrik produksi dalam negeri dengan harga di bawah Rp 500 juta.

Apakah itu merujuk ke mobil listrik Wuling? Sayang hal itu belum bisa dipastikan saat ini. Kepastian tentu baru didapat saat mobil tersebut diluncurkan. "Ini kita diskusi dengan para pabrikan harapannya di akhir tahun ada produksi EV dengan harga Rp 400 juta," ungkap Dodiet baru-baru ini. (RF)



 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]