4 Tips Menurunkan dan Mempertahankan Berat Badan Ideal, Bisa Ditiru


Selasa,07 Juni 2022 - 14:22:06 WIB
4 Tips Menurunkan dan Mempertahankan Berat Badan Ideal, Bisa Ditiru sumber foto kompas.com

Menurunkan berat badan memang bisa menjadi tantangan bagi banyak orang. Namun yang lebih sulit justru mempertahankan berat badan agar tidak kembali meningkat. Bahkan menurut sebuah meta analisis yang diterbitkan di National Library of Medicine, lebih dari setengah berat badan yang hilang akan kembali dalam dua tahun, dan setelah lima tahun, angka tersebut meningkat menjadi 80 persen. Kendati demikian, ada beberapa orang yang mampu terus mempertahankan berat badan mereka setelah berhasil menurunkannya.

Dilansir dari laman kompas.com. Nah, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Obesity membocorkan rahasia mereka. Dalam studi tersebut, para peneliti membuat survei yang diikuti lebih dari 6.000 partisipan di program penurunan berat badan WW. Mereka adalah yang berhasil menurunkan beratnya sebanyak lebih dari 22kg dan berhasil mempertahankannya selama lebih dari tiga tahun. Berikut empat tips terkait taktik dan motivasi mereka dalam mempertahankan berat badannya.

Jangan terburu-buru

Dalam survei, terlihat bahwa ketekunan serta konsistensi menjadi hal yang paling banyak berpengaruh dan disebutkan. Bahkan menurut peneliti utama di departemen kinesiologi dan kesehatan masyarakat di California Polytechnic State University Suzanne Phelan, PhDm ketekunan juga merupakan metode kunci untuk menghadapi rasa takut akan kemunduran dan ingin menyerah. Menurutnya, dengan memiliki pandangan jangka panjang, akan jauh lebih mudah bagi kita untuk memulai kembali saat mengalami kemunduran, dan mencegah diri untuk menyerah.

Memantau pola makan

Hampir semua orang yang sukses menurunkan berat badan dan berhasil mempertahankannya terbiasa memantau makanannya, meski telah mencapai berat badan yang diinginkan. “Anda harus membuat pilihan makanan yang baik. Ini soal merubah gaya hidup, bukan diet,” ujar salah seorang yang berhasil menurunkan berat badannya.

Terima dan rayakan keberhasilan yang tidak berhubungan dengan berat badan

Strategi lainnya adalah tidak memikirkan berat badan sama sekali. Mereka yang telah berhasil menurunkan berat badannya mengatakan bahwa perubahan terpenting adalah perubahan yang tidak berhubungan dengan berat badan. Misalnya, rasa nyeri yang berkurang, dapat mengurangi risiko terkena kondisi medis kronis, rasa kepercayaan diri yang meningkat, energi yang lebih konsisten, dan suasana hati yang lebih baik.

Fokus pada kesehatan, bukan berat tubuh

Salah seorang partisipan memberi tips untuk mengubah kebiasaan makan kita sebagai bagian dalam membentuk gaya hidup sehat. Artinya, berat badan yang turun dianggap sebagai hasil atau efek samping, bukan tujuan utama dari mengubah kebiasaan makan itu. Hal ini akan membantu kita untuk menjalani gaya hidup sehat lainnya yang telah terbukti dapat mendorong penurunan berat badan, seperti aktivitas harian, kualitas tidur, dan pengurangan stres. (RF)



 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]