Gejala Cacar Monyet Disebut Mirip dengan Penyakit Menular Seksual


Senin,13 Juni 2022 - 11:38:32 WIB
Gejala Cacar Monyet Disebut Mirip dengan Penyakit Menular Seksual sumber foto cnnindonesia.com

Penyakit cacar monyet yang ditemukan di sejumlah negara telah menimbulkan banyak kekhawatiran. Penyakit ini juga kerap disangkutpautkan dengan penyakit menular seksual. Bahkan, baru-baru ini Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengungkap, beberapa pasien yang mengalami cacar monyet juga mengidap penyakit menular seksual.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Para dokter pun diminta untuk mengawasi dan menguji penyakit menular seksual maupun cacar monyet. Pasalnya, keduanya bisa sangat mirip. Direktur CDC Rochelle Walensky, sebagaimana dilansir dari CNBC, mengatakan beberapa pasien cacar monyet juga memiliki infeksi sifilis, herpes, dan gonore atau klamidia.

Ruam yang menjadi ciri cacar monyet juga bisa menyerupai herpes atau sifilis. "Penting untuk diketahui bahwa kasus cacar monyet mungkin mirip dengan beberapa infeksi menular seksual dan dapat disalah artikan sebagai diagnosis lain," kata Walensky. Oleh karena itu, pasien yang memiliki gejala tersebut harus dievaluasi untuk semua infeksi menular seksual serta cacar monyet. "Penyedia layanan kesehatan tidak boleh mengesampingkan cacar monyet hanya karena pasien memiliki diagnosis lain atau IMS lain," kata Walensky.

Welensky menyebut, beberapa pasien saat ini mengalami ruam pada alat kelamin atau anus, bahkan sebelum mengalami gejala mirip flu. Dalam beberapa kasus, pasien juga mengalami ruam tanpa gejala yang mirip dengan flu. Virus Monkeypox diyakini bisa menyebar melalui kontak langsung dengan luka, cairan tubuh, atau bahan seperti pakaian atau seprai. Walau begitu belum bisa dipastikan apakah virus dapat menyebar melalui kontak seksual seperti pada penyakit menular seksual. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]