Muncul Nyeri di 3 Bagian Tubuh Ini, Waspadai Tanda Kanker Serviks


Senin,04 Juli 2022 - 14:28:09 WIB
Muncul Nyeri di 3 Bagian Tubuh Ini, Waspadai Tanda Kanker Serviks sumber foto suara.com

Kanker serviksmasih menjadi penyakit yang mengancam banyak perempuan di dunia. Kanker serviks terjadi ketika sel-sel abnormal pada lapisan serviks tumbuh dengan cara yang “tidak terkendali”. Konsultan ahli bedah ginekologi di Genesis Care Rapid Access Gynecology Clinic, Francis Gardner, mengatakan tanda “utama” kanker serviks bisa berupa nyeri di punggung bagian bawah, panggul atau perut bagian bawah.

Dilansir dari Suara.com. ia mengatakan bahwa gejala kanker serviks dapat menjadi indikasi kondisi lain seperti fibroid atau endometriosis. Namun, jika kamu mengalaminya ada baiknya mengunjungi dokter umum atau Genesis Care Rapid Access Gynecology. Klinik sesegera mungkin.”

Gejala lain yang juga perlu diwaspadai antara lain:

  • Pendarahan vagina – setelah berhubungan seks, di antara periode atau aliran yang lebih deras selama periode Anda
  • Perubahan keputihan
  • Nyeri saat berhubungan seks.

Dia menambahkan: "Meskipun gejala-gejala ini mungkin tidak selalu berarti Anda menderita kanker serviks, jika Anda menerima diagnosis, selalu lebih baik untuk memulai pengobatan sesegera mungkin untuk memberi Anda hasil terbaik." Diperkirakan bahwa 79 persen kanker serviks invasif dikaitkan dengan kelompok virus yang disebut human papillomavirus (HPV).

Mr Gardner menambahkan: “Ada lebih dari 100 jenis HPV, tetapi tipe 16 dan 18 adalah yang paling sering dikaitkan dengan perubahan serviks yang abnormal dan perkembangan kanker. “Ini disebut HPV risiko tinggi. Kebanyakan orang (pria dan wanita) membersihkan virus secara spontan, tetapi sejumlah kecil memiliki infeksi persisten. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]