Rupiah Tembus Rp 15 Ribu, Jemaah Haji Furoda Bayar Ratusan Juta


Rabu,06 Juli 2022 - 14:53:48 WIB
Rupiah Tembus Rp 15 Ribu, Jemaah Haji Furoda Bayar Ratusan Juta Sumber foto tempo.co

Berita terkini di kanal ekonomi dan bisnis sepanjang Rabu, 6 Juli, diwarnai berbagai isu. Berita pertama tentang rupiah yang menembus level Rp 15 ribu per dolar Amerika.

Dilansir dari laman tempo.co. Ada juga berita soal jemaah jalur haji furoda yang membayar ratusan juta. Berikut ini empat berita terkini di kanal ekonomi dan bisnis.

1. Kisah Jemaah Jalur Haji Furoda: Bayar Rp 386 juta Maret, Berangkat September

Tommy Mohamad membeberkan pengalamannya lolos berangkat haji pada tahun 2019 melalui jalur haji furoda. Dokter berusia 41 tahun itu mengaku awalnya hanya mencoba-coba mendaftar di agen haji Retali dan akhirnya mendapatkan visa di Kuala Lumpur. Visa yang ia dapat bukan kartu visa fisik, melainkan visa elektronik.

"Pada 2019 sebelum pandemi saya ikut haji furoda. Awalnya mau coba-coba ternyata berhasil juga. Saya baru dapat visa itu saat hari H keberangkatan karena saya harus lewat Kuala Lumpur. Jadi saya baru dapat visanya di Kuala Lumpur," tuturnya kepada Tempo, Selasa 5 Juli 2022.

Haji furoda atau haji mujamalah merupakan haji jalur non kuota yang memungkinkan jemaah berangkat tanpa menunggu antrean. Meskipun tidak harus antre, risiko jemaah gagal berangkat sangat besar. Sebab, tidak ada kejelasan jumlah kuota untuk tiap negara, apalagi pada masa pandemi Covid-19.

2. Pagi Ini Rupiah Tembus Rp 15 Ribu, Apa Penyebabnya?

Nilai tukar rupiah dibuka melemah pada Rabu, 6 Juli 2022. Mata uang garuda yang ditransaksikan antar-bank loyo hingga menyentuh level psikologis Rp 15 ribu per dolar Amerika Serikat.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan rupiah tertekan oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar negeri. Dari sisi eksternal, rupiah terdampak kondisi di Eropa yang mengalami peningkatan harga komoditas. Kondisi itu membuat saham-saham di negara itu berguguran.

"Di Italia sekarang dalam kondisi darurat. Sekarang musim kering, ini juga berdampak negatif ke pasar," kata Ibrahim dalam rekaman suara, Rabu,

3. 5 Trik BPJS Kesehatan Agar Peserta Tak Tunggak Iuran

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjalankan lima strtegi untuk meningkatkan persentase pengumpulan iuran atau tingkat kolektabilitas. Strategi ini dijalankan agar jumlah peserta yang menunggak iuran berkurang.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan upaya pertama yang dilakukan entitasnya adalah melakukan sistem auto-debit untuk para peserta di segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU) mandiri. Dengan demikian, secara otomatis iuran PBPU terbayarkan setiap bulan dari penarikan langsung di rekening.

"Terkadang masyarakat itu menunggak hanya lupa. Jadi dengan auto-debit ini, asalkan ada uang saja di rekening (akan terpotong otomatis)," ujar Ali pada Selasa, 5 Juli 2022.

Ali menyatakan sekitar 7 juta peserta PBPU tercatat sudah memanfaatkan fasilitas auto-debit. Kemudian, strategi kedua adalah program saling membantu. Bantuan diberikan kepada peserta PBPU mandiri kelas III yang kurang mampu dan kesulitan membayarkan tunggakannya.

4. Bunga Deposito 8 Persen, LPS: Jika Izin Bank Dicabut, Simpanan Nasabah Tidak Layak Bayar

Menawarkan suku bunga simpanan berjangka atau deposito lebih tinggi dibandingkan rata-rata bank merupakan satu strategi lama yang kerap dilakukan bank kecil. Saat ini hal serupa dilakukan oleh sejumlah bank digital demi mengumpulkan dana pihak ketiga (DPK).

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan bahwa tingkat bunga penjaminan saat ini sebesar 3,5 persen. “Apabila nasabah menerima tingkat bunga simpanan yang melebihi tingkat bunga penjaminan LPS, maka simpanan nasabah dapat dinyatakan tidak layak bayar jika bank dicabut izin usahanya,” kata Purbaya kepada Bisnis, Selasa 5 Juli 2022.

Eemiten bank digital PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) misalnya, yang menawarkan suku bunga deposito mulai dari 6,5 persen p.a. sampai dengan 8 persen p.a. dengan minimum deposito sebesar Rp200.000. Sementara itu, PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) menawarkan suku bunga deposito 4–6 persen. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]