Sunscreen atau Pelembap, Mana yang Lebih Dulu?


Kamis,04 Agustus 2022 - 11:36:00 WIB
Sunscreen atau Pelembap, Mana yang Lebih Dulu? sumber foto kompas.com

Dalam rutinitas perawatan kulit, moisturizer atau pelembap serta sunscreen atau tabir surya adalah dua produk yang wajib dipakai. Pasalnya, pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit, sementara sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Artinya, keduanya perlu diaplikasikan setiap hari guna menjaga gulit tetap sehat. Namun dalam pemakaian, tak sedikit orang yang masih bingung mana yang harus dipakai terlebuh dahulu, sunscreen atau pelembap?

Dilansir dari laman kompas.com. Dilansir dari Allure, rupanya pertanyaan ini termasuk cukup sulit dijawab, bahkan oleh ahli kulit sekalipun. “Kandungan dalam suatu produk chemical blocker (seperti sunscreen) perlu terserap ke dalam kulit agar bekerja dengan baik.” Ungkap Direktur penelitian klinis dan kosmetik di Mount Sinai Hospital New York Joshua Zeichner.

Artinya, Zeichner meyakini bahwa sunscreen perlu dipakai terlebih dahulu, karena menganggap produk lain seperti pelembap dapat membuat penghalang pada kulit. Kendati demikian, tak semua dokter kulit setuju akan hal itu. Ada pula yang berpendapat bahwa kita harus mengaplikasikan sunscreen setelah memakai pelembap. “Saat pelembap diaplikasikan setelah sunscreen, itu dapat mengubah sifat sunscreen dan cara sinar UV ‘bertemu’ dengan kulit Anda," kata dokter kulit bersertifikat di New York, Sejal Shah.

"Apa pun yang kita oleskan setelahnya dapat mengencerkan tabir surya dan mengubah kemanjurannya,” lanjut dia. Bukan hanya itu, jenis sunscreen yang berbeda pun dapat menjadi faktor penting yang menentukan urutan pemakaian. Ada dua jenis sunscreen, yaitu chemical dan mineral. Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap langsung ke dalam kulit, sementara mineral sunscreen akan melindungi kulit dengan membuat penghalang fisik antara kulit dan matahari. "Kandungan mineral sunscreen ada di permukaan kulit untuk menghalau sinar UV,” ujar Zeichner.

"Jadi, mineral sunscreen tidak perlu diaplikasikan sebagai lapisan pertama." "Bahkan faktanya, sunscreen ini dapat diaplikasikan sebagai lapisan terakhir sebagai lapisan protektif untuk menangkal sinar matahari,” lanjut dia. Lalu selain dua jenis sunscreen, ada pula produk lain yang perlu dipertinbangkan untuk menjawab pertanyaan urutan pemakaian sunscreen dan pelembap, yaitu multitasking moisturizers.

"Banyak pelembap pagi yang telah diformulasikan dengan sunscreen di dalamnya." "Jadi, memakai pelembap biasa dengan sunscreen terpisah atau produk kombinasi bisa dilakukan, tergantung preferensi setiap orang, dengan catatan memakai pelembap dengan kadar SPF setidaknya 30” kata Zeichner. Sementara itu, menurut dokter kulit bersertifikat Alan Parks, faktanya kita tidak perlu menggunakan keduanya sekaligus.

“Sunscreen sudah cukup menghidrasi bagi kebanyakan orang,” ujar dia kepada Allure. Lalu pada akhirnya, semua pendapat berbeda dari ahli kulit ini diakhiri dengan satu kesimpulan. Baik Zeichner maupun Shah sepakat untuk mengaplikasikan pelembap ringan terlebih dahulu, biarkan menyerap, lalu diakhiri dengan sunscreen. "Rekomendasi saya adalah double-dip, melapisi pelembap dengan sunscreen terlebih dahulu, biarkan meresap, lalu lapisi dengan sunscreen lagi, baik mineral atau chemical di atasnya,” tutup Zeichner. (RF)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]