Bagaimana Mencegah Serangan Asma?


Kamis,04 Agustus 2022 - 16:05:46 WIB
Bagaimana Mencegah Serangan Asma? sumber foto kompas.com

Cara terbaik untuk mengontrol asma adalah dengan melakukan pencegahan, dengan sebisa mungkin menghindar dari faktor pemicunya. Meskipun pengobatan memainkan peranan penting dalam pencegahan serangan asma, perhatian dan kontrol pada lingkungan tak kalah penting untuk diperhatikan.

Dilansir dari laman kompas.com. Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah datangnya masalah asma.

1. Menjaga lingkungan dari potensi alergi

Misalnya, jika debu dapat menjadi pemicu, segeralah singkirkan debu dari tempat di mana kita banyak berada. Jika hewan piaraan menjadi pemicu gejala asma, maka tempatkanlah binatang peliharaan jauh dari jangkauan kita, atau lebih sering memandikan hewan peliharaan.

2. Beri perhatian pada udara

Jika kita telah mengetahui polusi udara dapat memicu asma, maka segera ambil tindakan atas polusi yang ada di sekitar kita. Bersihkan ruang, atau pindah ke tempat berbeda. Mungkin pula kita dapat pindah dari ruangan tertutup, dan mengurangi aktivitas di dalam ruangan.

3. Hindari rokok

Jika kita bukan seorang perokok, maka kita harus menghidari polusi asap berbahaya ini. Sebaliknya, jika kita adalah perokok maka sebaiknya kebiasaan buruk itu segera dihentikan. Merokok merupakan tindakan paling buruk bagi paru-paru, terutama bagi para penderita asma.

4. Berolahraga

Langkah ini merupakan tips terbaik untuk menjaga tubuh dan pikiran yang sehat. Jadi, jika kita rentan terhadap aktivitas olahraga, segeralah berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui cara mengelola gejala asma. Jika kita kambuh selama permainan atau olahraga, hentikan apa yang kita lakukan sampai benar-benar tenang. Atau, minum/gunakan obat sesegera mungkin.

Bila gejala telah pergi, kita dapat kembali berolahraga. Yang perlu diingat adalah, asma tidak mencegah kita untuk melakukan apapun yang kita senangi. Jika kita benar-benar mengenali gejala dan pemicu asma, lalu menjaga faktor pemicu itu dengan benar, serta mengkonsumsi obat, dan kontrol secara teratur, maka aktivitas akan bisa dilakukan tanpa hambatan. (RF)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]