Waduh, Bahan Kimia di Balik Produk Ini Disebut Picu Risiko Kanker Berbahaya


Kamis,11 Agustus 2022 - 11:38:05 WIB
Waduh, Bahan Kimia di Balik Produk Ini Disebut Picu Risiko Kanker Berbahaya sumber foto suara.com

Kian hari, semakin banyak bukti bahwa paparan rutin bahan kimia. "selamanya" buatan manusia, yang digunakan dalam berbagai produk rumah tangga, terkait dengan peningkatan tingkat kanker.

Dilansir dari laman suara.com. Sebuah studi baru yang meneliti korelasi antara kanker hati dan keberadaan bahan kimia ini pada manusia menemukan bahwa orang dengan tingkat paparan tertinggi memiliki peluang 350 persen lebih besar untuk akhirnya mengembangkan penyakit ini.

Istilah bahan kimia "selamanya" mengacu pada lebih dari 4.700 jenis zat perfluoroalkyl dan polifluoroalkil, atau PFAS, yang digunakan secara luas di seluruh industri manufaktur. Istilah itu dinamai demikian karena zat tersebut terdegradasi sangat lambat dan menumpuk seiring waktu, di tanah, air minum dan dalam tubuh. Demikian seperti dilansir dari NY Post.

PFAS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an sebagai bahan revolusioner yang digunakan dalam pembuatan peralatan masak antilengket Teflon dan segera disesuaikan dengan semua jenis produk dan kemasan. Beberapa di antaranya mulai dari bahan konstruksi hingga kosmetik yang diuntungkan dari sifatnya yang tahan cairan dan api, seperti yang dicatat oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Meskipun sangat berguna, bahan kimia tersebut sejak itu telah dikaitkan dengan timbulnya kanker dan penyakit lain pada hewan laboratorium.

Mengikuti bukti anekdot yang kuat bahwa asam perfluorooctanesulfonic (PFOS) bersama zat umum lain yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA) membuat konsumen sakit, Badan Perlindungan Lingkungan pada tahun 2006 memerintahkan delapan perusahaan manufaktur multinasional yang diwakili di AS untuk menghentikan penggunaan bahan kimia tersebut. Namun demikian, sesuai dengan julukannya, PFOS dan PFOA masih terdeteksi di produk asing, di air tanah, dan di manusia. Studi saat ini, yang diterbitkan dalam JHEP Reports, adalah yang pertama menunjukkan hubungan yang jelas antara PFAS dan karsinoma hepatoseluler nonviral (jenis kanker hati yang paling umum) pada manusia juga.

"Ini dibangun di atas penelitian yang ada, tetapi membawanya satu langkah lebih jauh," kata Jesse Goodrich, peneliti kesehatan masyarakat pascadoktoral di Keck School of Medicine, dalam rilis berita University of Southern California. “Kanker hati adalah salah satu titik akhir paling serius pada penyakit hati dan ini adalah studi pertama pada manusia yang menunjukkan bahwa PFAS terkait dengan penyakit ini.”

Menunjukkan hubungan antara PFAS dan kanker pada manusia bukanlah hal yang mudah bagi para ilmuwan. “Sebagian alasan mengapa hanya ada sedikit penelitian pada manusia adalah karena Anda memerlukan sampel yang tepat,” tambah profesor Fakultas Kedokteran Keck Veronica Wendy Setiawan.

“Ketika Anda melihat paparan lingkungan, Anda memerlukan sampel dari jauh sebelum diagnosis karena kanker membutuhkan waktu untuk berkembang.” Untuk membuat lompatan ini, para peneliti diberi akses ke database Studi Kelompok Multietnis, yang mencakup survei perkembangan kanker di lebih dari 200.000 penduduk Hawaii serta Los Angeles, California, yang dilakukan oleh Universitas Hawaii.

Pencarian mereka dipersempit menjadi 100 peserta survei - 50 di antaranya dengan kanker hati dan 50 tanpa - yang sampel darah dan jaringannya cukup untuk dianalisis. Para peneliti sedang mencari jejak bahan kimia "selamanya" yang ada di dalam tubuh sebelum kelompok penderita kanker menjadi sakit.

Mereka dilaporkan menemukan beberapa jenis PFAS di antara peserta, dengan PFOS muncul paling menonjol di antara mereka dalam kelompok dengan kanker hati. Memang, penyelidikan mereka mengungkapkan bahwa mereka yang termasuk dalam 10 persen teratas dari paparan PFOS 4,5 kali lebih mungkin untuk mengembangkan karsinoma hepatoseluler bila dibandingkan dengan mereka yang paling sedikit paparan. Hubungan yang jelas antara PFAS dan kanker pada manusia sangat penting untuk studi lebih lanjut tentang bagaimana bahan kimia ini mengganggu proses biologis.

Berdasarkan temuan saat ini, para ilmuwan USC sekarang percaya bahwa konsentrasi tinggi PFOS pada beberapa mata pelajaran telah mengganggu kemampuan hati untuk memetabolisme glukosa, asam empedu dan asam amino rantai cabang, yang mengakibatkan tingkat akumulasi lemak yang tidak sehat di organ, faktor risiko tinggi untuk kanker hati. (RF)

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]