Eka Hospital dan PKK Bengkalis Selenggarakan Seminar Awam


Senin,16 Mei 2016 - 17:41:56 WIB
Eka Hospital dan PKK Bengkalis Selenggarakan Seminar Awam Ketua TP PKK Bengkalis, Kasmarni Amril (kiri) menyerahkan cindramata kepada Kepala Devisi Pemasaran dan Humas Eka Hospitan Pekanbaru, Retno Putri Hapsari Dewi pada acara seminar kesehatan,di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin (16/5/2016). (foto: ist

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Bengkalis, Kasmarni Amril mengatakan, ingin hidup selalu sehat, teringat dengan pepatah lama, yaitu mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Karmarni mengajak seluruh masyarakat didaerah untuk menjaga agar kita senantiasa sehat. Ketegasan ini disampaikannya saat  Seminar Awam Kesehatan yang diselenggarakan TP PKK Kabupaten Bengkalis dengan Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru di ruang rapat lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin (16/5/2016).

"Hal yang terbaik yang harus dilakukan memang dengan menjaga agar kita selalu dalam kondisi sehat. Yaitu dengan melakukan tindakan preventif atau pencegahan agar kita tidak jatuh sakit. Misalnya dengan menjaga pola makan, berolahraga, tidur cukup dan sebagainya," pesannya.

Ditambahkannya, jika kita atau keluarga dan kerabat kita jatuh sakit, pertolongan pertama yang harus lakukan adalah dengan memberikan obat, baik itu yang bisa dibeli bebas ataupun pergi ke dokter. "Namun sesungguhnya tidak semua peyakit harus dilawan dengan obat. Sebab terkadang rasa sakit adalah sebuah sinyal tubuh agar kita lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita," pesannya.

Kasmarni menjelaskan, ditajanya seminar tersebut merupakan salah satu upaya TP PKK Kabupaten Bengkalis menjalankan program kerja, khususnya 10 program pokok PKK di bidang kesehatan. "Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengobatan dengan cara operasi atau bedah. Khususnya untuk penyakit jantung, mata dan bedah anak. Sebab sebagai salah satu cara pengobatan yang lebih intensif, pembedahan ini diperlukan jika pertolongan pertama dengan memberikan obat tidak membuahkan hasil seperti diharapkan," katanya.

Kasmarni berharap, melalui kegiatan seminar yang diikuti berbagai organisasi wanita se-Kabupaten Bengkalis ini, pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bedah atau operasi sebagai cara pengobatan semakin baik. "Termasuk kami, sebagian masyarakat kita memang awam terhadap cara layanan pengobatan dengan teknik atau cara bedah ini. Apalagi saat ini teknik atau cara bedah tersebut terus berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai pekembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan,"jelasnya.

Melalui seminar ini juga, Kasmarni berharap, selain dapat melakukan tindakan preventif, masyarakat juga mengetahui bagaimana dan dimana kita dapat memperoleh layanan bedah jantung, mata dan bedah anak terkini.Terutama jika kita maupun kerabat dan keluarga kita harus mendapat pelayanan kesehatan yang demikian.

Nara sumber pada acara ini terdiri dari dr. Achmad Marzuki Spesialis Bedah Thoraks Kardiac Vascular Eka Hospital Pekanbaru, dr. Tubagus Odhi R. Wahid Spesialis Bedah Anak Eka Hospital Pekanbaru dan dr. Dhana Cahyadi Spesialis Mata Eka Hospital Pekanbaru.

Acara ini dibuka oleh Retno Putri Hapsari Dewi selaku Kepala Divisi Humas & Pemasaran Eka Hospital Pekanbaru. Dalam sambutannya, Ayu menyampaikan mengenai kecenderungan keadaan kesehatan Masyarakat Riau pada umumnya. Tiga penyakit terbanyak yang ditemui antara lain jantung, bedah anak, dan mata. Selain itu, juga telah terjadi pergeseran usia penderita yang sebelumnya mayoritas berusia lanjut tetapi kini sudah mengenai usia muda.

Ayu juga menjelaskan tujuan hadirnya Eka Hospital di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kota Bengkalis ini, adalah dalam rangka memberikan update kesehatan yang ada di Eka Hospital, apalagi sekarang Eka Hospital juga satu- satunya rumah sakit yang bisa melakukan tindakan operasi bedah jantung. Di eka hospital layanan-layanan kesehatan yang diberikan berbeda, dimana pasien ditangani oleh tim dokter sehingga penanganan dapat lebih komprehensif dan membawa out put medis yang maksimal bagi pasien.

Bertindak selaku nara sumber dalam seminar tersebut, diantaranya Ahmad Marzuki (spesialis bedah Thorks, jantung dan pembuluh darah), Tubagus Odih R. Wahit (spesialis bedah mata) dan Dhana Cahyadi (spesialis mata).Seluruh narasumber berasal dari Eka Hospital Pekanbaru. Turut hadir pada acara seminar yang diikuti sekitar 100 orang tersebut diantaranya Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja Hj. Umi Kalsum, Wakil Ketua TP PKK Bengkalis Hj. Lindawati Muhammad dan anggota DPRD yang juga anggota TP PKK Kabupaten Bengkalis Pipit Lestari. Sedangkan dari manajemen Eka Hospital Pekanbaru hadir di antaranya Kepala Devisi Pemasaran dan Humas Eke Hospital Pekanbaru Retno Putri Hapsari Dewi.(*)

Jun-1080


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]