Penerbangan dengan Rute Terpendek Dunia, Cuma 2,7 KM


Rabu,07 September 2022 - 11:35:17 WIB
Penerbangan dengan Rute Terpendek Dunia, Cuma 2,7 KM sumber foto cnbcindonesia.com

Pernah membayangkan seperti apa penerbangan dengan rute terpendek di dunia? Guinness World Records mencatat bahwa penerbangan terpendek di dunia ada di wilayah Skotlandia, Inggris. Penerbangan tersebut melayani rute Westray, sebuah pulau di tepi Kepulauan Orkney di utara Skotlandia, ke pulau yang lebih kecil dan terpencil lagi, yakni Papa Westray.

Mengutip CNN International, Westray-Papa Westrey dinobatkan sebagai penerbangan terpendek di dunia karena hanya menempuh jarak 2,7 kilometer dalam waktu sekitar 2 menit 40 detik. Namun, saat cuaca sedang bagus dan beban yang dibawa pesawat tidak berat, penerbangan hanya butuh waktu 53 detik. Rute tersebut dilayani oleh Loganair. Untuk melayani rute yang tak biasa itu, mereka mengoperasikan pesawat kecil dengan kabin seukuran mobil van. Saking kecilnya pesawat, Anda bisa melihat pilot bekerja mengoperasikan mesin dan menavigasi arah 'burung besi'.

Tak seperti di pesawat komersil pada umumnya, penumpang tidak bisa memilih tempat duduk. Alokasi kursi penumpang ditentukan berdasarkan berat badan agar beban pesawat dapat terdistribusi secara merata.Dan tentu saja, tidak ada fasilitas lain dalam pesawat. Tidak ada toilet atau in-flight entertainment. Tidak ada juga cukup ruang untuk berselonjor kaki. Naik pesawat ini, Anda tidak akan menemukan layar touch screen yang menunjukkan rute pesawat. Cukup melihat ke luar jendela, Anda sudah bisa tahu di mana pesawat akan landing. Perjalanan sebenarnya dimulai dari bandara yang melayani Kirkwall, ibu kota Orkney di pulau terbesar di kepulauan itu.

Dari sini, penumpang harus mengambil penerbangan selama 15 menit ke Westray, sebelum menaiki pesawat lagi selama 2 menit ke Papa Westrey.Dalam sehari, ada dua hingga tiga kali jadwal penerbangan. Umumnya, penumpang adalah penduduk yang tinggal di pulau terpencil Papa Westray. Namun, di musim panas, ada juga beberapa turis yang ingin merasakan naik pesawat dengan rute terpendek sekaligus mengeksplorasi keindahan Pulau Papa Westray. (iw)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]