Sempat Tersungkur di Hadapan Powell, Emas Kemudian Bangkit


Jumat,09 September 2022 - 15:30:48 WIB
Sempat Tersungkur di Hadapan Powell, Emas Kemudian Bangkit sumber foto cnbcindonesia.com

Ketua Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (the Fed) Jerome Powell kembali mengungkapkan sikap tegasnya dalam memerangi inflasi. Berbicara dalam acara Annual Monetary Conference yang diselenggarakan Cato Institute, Powell mengingatkan jika tugas memerangi inflasi masih jauh dari selesai.Dia juga mengatakan tidak ingin mengulang apa yang terjadi pada periode 1970an dan 1980-an di mana inflasi terus melambung tinggi karena keterlambatan dalam menekan ekspektasi inflasi.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com "Sejarah mengingatkan kita dengan keras mengenai pelonggaran moneter yang dilakukan secara premature. Saya bisa yakinkan kepada Anda jika bank sentral berkomitmen kuat untuk menurunkan inflasi sampai tugas itu berhasil," tutur Powell, dikutip dari CNBC International.Inflasi AS mencapai 8,5% pada Juli tahun ini, masih empat kali lipat lebih tinggi di kisaran target the Fed yakni 2%. Penegasan kembali Powell tersebut sempat menyeret harga emas. Pada perdagangan Kamis (8/9/2022), harga emas ditutup melandai 0,61% ke posisi US$ 1.707, 28 per troy ons.

Namun, pada perdagangan pagi hari ini emas mencoba bangkit dan menguat tipis. Merujuk pada data Refinitiv, harga emas di pasar spot internasional pukul 06:40 WIB menguat 0,13% ke posisi US$ 1.709, 52 per troy ons. Penguatan emas salah satunya dibantu oleh melemahnya dolar AS. Kemarin, Dolar Index melandai 0,24% ke 109, 57.

Analis dari Julius Baer, Carsten Manke, mengatakan pernyataan Powel konsisten dengan apa yang disampaikan pada simposium Jackson Hole akhir Agustus lalu sehingga pelaku pasar tidak kaget. "Resistensi terhadap emas masih rendah karena pelaku pasar mencari sinyal yang lebih agresif dari the Fed," tutur Manke, seperti dikutip Reuters.

The Fed akan menggelar pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada 20-21 September mendatang. Taruhan akan kenaikan suku bunga acuan sebesar 75 bps kini menjadi 85%. Sementara itu, sesuai dugaan bank sentral Eropa menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 bps pada Kamis malam.(iw)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]