Ingin Bisnis Makin Cuan? Pelaku UMKM Wajib Terapkan 5 Strategi Promosi Berikut


Rabu,14 September 2022 - 11:42:06 WIB
Ingin Bisnis Makin Cuan? Pelaku UMKM Wajib Terapkan 5 Strategi Promosi Berikut sumber foto kompas.com

Salah satu kunci keberhasilan dalam suatu usaha atau bisnis adalah menerapkan strategi pemasaran tepat. Tak hanya berlaku bagi pebisnis skala besar, hal itu juga berlaku bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pasalnya, memasarkan produk atau jasa berkaitan erat dengan kegiatan penjualan. Strategi pemasaran yang tepat dapat mendongkrak volume penjualan sehingga dapat memberikan keuntungan ekstra sekaligus menjaga keberlanjutan usaha. Adapun salah satu strategi pemasaran yang wajib dilakukan pelaku UMKM adalah gencar melakukan promosi.

Dilansir dari laman kompas.com. Cara ini mutlak dilakukan untuk menarik minat pelanggan agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Lantas, bagaimana cara promosi yang tepat agar pelaku UMKM makin cuan?

  1. Optimalkan media sosial Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, pelaku UMKM kini semakin mudah untuk menggaet calon konsumen melalui media sosial (medsos). Pasalnya, masyarakat dari berbagai kalangan aktif berkegiatan secara virtual di medsos. Adapun platform medsos populer yang bisa dioptimalkan untuk menjalankan promosi di antaranya adalah WhatsApp, Instagram, dan TikTok. Anda dapat mengunggah berbagai konten promosi di platform tersebut, mulai dari launching produk, promo diskon, hingga penawaran khusus. Untuk dapat menarik perhatian konsumen, pelaku UMKM setidaknya dapat memposting konten produk sebanyak satu kali per hari dan dilakukan secara konsisten pada jam yang sama. Waktu yang disarankan untuk memposting konten adalah saat prime time, yakni pukul 09.00-12.00, 12.00-14.00, dan 19.00-22.00.
  2. Berikan diskon Diskon atau potongan harga adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu konsumen. Hal ini bisa dioptimalkan seller untuk mendorong konsumen berbelanja. Adapun penerapan diskon harus dilakukan secara tepat agar omzet meningkat. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan dalam memberi diskon. Salah satunya, memberi batasan waktu diskon, seperti "Diskon 50 persen untuk pembelian di atas pukul 22.00". Selain itu, diskon akhir bulan untuk menggaet konsumen yang baru gajian. Bisa pula memberikan diskon 50 persen untuk konsumen yang sedang berulang tahun pada saat pembelian dengan syarat menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya.
  3. Adakan flash sale Strategi promosi berikutnya yang tak kalah menarik adalah flash sale. Sesuai namanya, flash sale adalah metode penjualan yang dilakukan dalam waktu singkat dengan harga produk yang ditawarkan lebih rendah dari biasanya. Sistem yang diterapkan adalah siapa cepat dia dapat. Karena penawaran menarik itu, banyak konsumen yang tak ingin melewatkan momentum flash sale tersebut. Metode ini dinilai efektif untuk meramaikan pasar sehingga produk yang ditawarkan makin diminati khalayak.
  4. Berikan gratis ongkos kirim (ongkir) Opsi promosi berikutnya yang tak kalah menarik minat konsumen untuk berbelanja adalah gratis ongkir. Meski terkesan sederhana, metode ini bisa dibilang cukup efektif untuk meningkatkan volume penjualan. Bagi sejumlah konsumen, gratis ongkir dianggap menjadi penghematan belanja. Dengan metode ini, tak hanya konsumen yang diuntungkan, tetapi juga pelaku UMKM sebagai seller.
  5. Jaminan garansi Strategi berikutnya adalah memberikan garansi dalam setiap pembelian produk. Garansi tak hanya dapat diberikan pada pembelian produk-produk elektronik, tetapi juga produk lain guna memberi rasa aman kepada konsumen. Adapun jenis garansi yang bisa ditawarkan kepada konsumen, seperti jaminan kualitas barang, keaslian barang, serta harga yang bersaing. Jenis garansi yang dipilih bisa disesuaikan dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Nah, itulah lima strategi promosi yang bisa diterapkan pelaku UMKM agar bisnis yang dijalankan makin cuan. Dengan menerapkan strategi tersebut, Anda bisa semakin pede dalam menjalankan bisnis dan menggaet minat konsumen.

Sebagai pelaku UMKM, Anda juga punya peluang besar untuk memperlebar bisnis. Impian ini bisa Anda wujudkan dengan meningkatkan pemahaman soal literasi keuangan sebagai fondasi. Hal ini penting agar Anda dapat mengelola keuangan secara tepat sekaligus mengakses permodalan. Saat ini, tak sedikit pula berbagai pihak yang berkomitmen mendukung pelaku UMKM agar semakin maju melalui edukasi literasi keuangan. Adapun salah satu pihak yang getol mendukung pelaku UMKM dan wirausaha muda di Tanah Air adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Sebagai lembaga keuangan yang berkomitmen membantu UMKM, BRI rutin menggelar program pemberdayaan dan edukasi literasi keuangan, serta mendorong peningkatan pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Salah satunya, melalui program Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang diadakan setiap tahun.

Kali ini, PRS 2022 digelar di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya di Lapangan Palembang Trade Center Mall, Jumat (16/9/2022) hingga Minggu (18/9/2022). Palembang merupakan kota ke-6 yang disambangi BRI. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, BRI hadir lewat PRS 2022 untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, pemberdayaan UMKM dan mendukung pertumbuhan pelaku UMKM, serta memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. “PRS menyapa masyarakat dengan menghadirkan layanan keuangan, kesehatan, pesta kuliner, dan workshop UMKM kreatif bisnis. Selain itu, acara juga disemarakkan panggung hiburan yang diisi oleh penyanyi dan sederet komikus kenamaan di Tanah Air,” ujar Supari dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (13/9/2022). Supari menambahkan, tema yang diusung pada PRS 2022 di Kota Palembang bertajuk “Pede Memimpin Perubahan”.

Berangkat dari tema tersebut, lanjut Supari, BRI mengajak seluruh pelaku UMKM di Indonesia makin percaya diri atau pede dalam berinovasi dan berbisnis. “Rangkaian PRS dimulai dengan pawai internal PRS BRI Palembang pada 11-15 September 2022 di 10 titik, yaitu Pasar 26, Pasar Sekanak, Pasar Plaju, Pasar 10 Ulu, Pasar Kuto, Pasar Lemabang, Pasar Sekip Ujung, Pasar KM 5, Pasar Perumnas Sako, dan Pasar 16,” terang Supari. Pada PRS 2022 kali ini, BRI telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan guna meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Kota Palembang dengan membawa enam pilar utama, yaitu Pasar, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, Panen, dan Panggung. Supari menjelaskan, Pasar merupakan bazaar UMKM unggulan lokal Palembang dan BRI Group dengan menampilkan 80 booth UMKM. Adapun Pojok X’sis merupakan area selfie atau photobooth, e-sport community, taman bermain Simpedes, dan Simpedes games untuk pengunjung.

“Peduli merupakan pemeriksaan kesehatan gratis. Pengunjung dapat mendonorkan darah selama event berlangsung. Adapun pengunjung laki-laki mulai dari usia 10 tahun hingga dewasa juga dapat memotong rambut cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 1 (dengan pembayaran) menggunakan QR BRImo,” kata Supari. Adapun Pawai merupakan survei, edukasi atau literasi, serta akuisisi BRI Simpedes dan BRImo kepada pedagang pasar. Sementara, Panen merupakan acara undian hadiah Simpedes dan doorprize untuk pengunjung. Kegiatan PRS 2022 di Kota Palembang terasa makin semarak berkat kehadiran sejumlah artis lokal dan nasional, yaitu Fiersa Besari, Nella Kharisma, Geisha, Gigi, Hutan Tropis, dan Kopral Jono. Ada pula panggung memasak, panggung ketawa, panggung ilmu, serta pendaftaran untuk kelas UMKM dan workshop. Untuk hadir dan turut serta dalam event tersebut, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo dapat masuk dengan melakukan scan QRIS untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 1 pada ticket box di area PRS. Bila belum memiliki aplikasi BRImo, pengunjung dapat mengunduh dan melakukan registrasi di area yang telah disediakan. Area ini dihadirkan untuk memberikan literasi digital kepada seluruh pengunjung agar dapat bertransaksi secara digital selama beraktivitas di area PRS. (iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]