startegi panen TBS Sawit Hasil Minyak Sawit Berlipat


Selasa,27 September 2022 - 09:48:31 WIB
startegi panen TBS Sawit Hasil Minyak Sawit Berlipat sumber foto infosawit.com

Maksimalnya hasil produksi minyak sawit mentah (CPO) di perkebunan kelapa sawit ditentukan dari beberapa faktor, salah satunya dari pola panen Tandan Buah Segar (TBS) Sawit yang dilakukan. Pola panen TBS sawit yang tepat bakal berdampak terhadap tingginya hasil, sebab itu perlu persiapan dan penilaian panen. Kegiatan panen merupakan pekerjaan yang terpenting di dalam mengelola perkebunan kelapa sawit. Dimana kegiatan panen merupakan salah satu pekerjaan yang ditunggu oleh perusahaan perkebunan atau petani sawit yang telah melakukan pembukaan lahan, penanaman dan pemeliharaan. Panen bakal menentukan hasil pendapatan perusahaan dan petani kelapa sawit, sebab itu pola panen yang tepat sangat dianjurkan, hanya saja sebelum dilakukannya kegiatan panen harus melakukan persiapan panan dengan matang dan melakukan penilaian panen.

Persiapan Panen

Dilansir dari laman infosawit.com. Sebelum melakukan panen kelapa sawit ini tentunya harus dipersiapkan terlebih dahulu kebun yang akan dipanen sehingga pemanen mudah untuk mengeluarkan tandan kelapa sawit berikut brondolannya ke tempat pengumpulan hasil (TPH). Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Pasar pikul (jalan panen ke dalam blok bagi pemanen), dan supervisi panen.
  2. Piringan kelapa sawit bersih bebas dari gulma.
  3. Tunas pasir (sanitasi) membuang pelepah terbawah agar proses potong buah mudah dan kutip brondolan bisa dilakukan dengan aman. Kalau tidak di sanitasi maka panen dan kutip brondolan akan terhalangi oleh pelepah terbawah yang bagi tanaman juga sudah tidakberguna lagi.
  4. TPH (Tempat pemungutan hasil) harus dibersihkan dari gulma dan ukurannya standar 3 x 6 meter, yang paling efisiensi dibuat 3 pasar pikul 1 TPH, atau minimal 2 pasar pikul 1 TPH.
  5. Jalan collection road untuk angkut TBS dari TPH ke Pabrik kelapa sawit harus dalam kondisiyang baik bisa dilewati truk angkut TBS muatan<6 ton, jika masih menggunakan traktor maka persiapan jalan untuk angkutan panen masih harus terus dilanjutkan sampai jalan koleksi bisa dimasuki truk.
  6. Pemanen yang terlatih dan alat kerja yang lengkap yaitu : Dodos, batu asah, gancu dan angkongserta perlengkapan yang memenuhi standar APD, pakai helm, pakai sepatu, sarungtangan, alat kerja disarung. Jika belum maka harus dilengkapi

Penilaian TBS Sawit

Tanaman kelapa sawit penghasil minyak nabati yang paling tinggi diantara semua tanaman penghasil minyak yang berpotensi mencapai 7 ton CPO per Ha/tahun. Untuk mencapai rendemen (hasil minyak) CPO yang tinggi maka diperlukan antara lain teknis budidaya yang terbaik (Best Management Practices), diantaranya teknis panen yang tepat. Untuk itu maka diperlukan standard di Pabrik apakah hasil yang diterima pabrik telah dilakukan dengan benar atau tepat. Untuk itu telah dibuatkan sistim penilaian terhadap kualitas TBS, baik saat di TPH kebun dan di PMKS. (iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]