Puan Maharani Apresiasi Inisiatif Ekonomi Biru di Pantai Pandawa Bali


Kamis,29 September 2022 - 10:50:13 WIB
Puan Maharani Apresiasi Inisiatif Ekonomi Biru di Pantai Pandawa Bali sumber foto cnnindonesia.com

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menyampaikan apresiasi atas inisiatif ekonomi biru di kawasan Pantai Pandawa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Badung, Bali. Puan mengatakan, program ekonomi biru di Pantai Pandawa merupakan bagian dari perpaduan antara kelestarian alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat. "Jika kita merawat alam, maka alam akan merawat kita. Mari kita selalu bersama menjaga keindahan, ketertiban, kenyamanan, dan keamanan Pantai Pandawa. Agar semakin banyak wisatawan yang datang dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar," kata Puan. "Pantai Pandawa adalah milik kita bersama untuk kesejahteraan bersama," lanjutnya. Dalam kunjungan itu, Puan juga melakukan berbagai aktivitas pemeliharaan lingkungan di sekitar pantai bersama warga setempat. Selain berbincang dan berfoto bersama, Puan pun mendatangi sejumlah UMKM yang menjual hasil laut.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. Didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Puan lalu mengecek penataan kios atau warung di Pantai Pandawa sebagai bagian program Pemkab Badung. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang, di mana Puan memasukkan bibit-bibit terumbu karang yang membentuk kata 'Puan Maharani'. "Ini akan ditanam di dasar laut. Nanti saya akan diving melihat perkembangannnya setelah beberapa bulan tumbuh," kata Puan. Usai transplantasi terumbu karang, Puan kemudian melepas tukik ke laut. Sambil melepas tukik, Puan ikut membantu masyarakat yang sedang melakukan gerakan bersih pantai dengan mengambil sampah-sampah yang ada di laut."Jaga laut Bali agar tetap bersih. Kita rawat sama-sama lingkungannya, dan kita harus selalu cinta Bali untuk Indonesia," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Puan berdialog dengan kelompok nelayan Pantai Pandawa. Perwakilan nelayan bernama Wayan menyampaikan aspirasi rekan-rekannya yang membutuhkan bantuan fasilitas untuk menangkap ikan di laut. "Terutama sarana prasarana alat tangkap ikan seperti perahu, mesin tempel. Itu yang belum ada di kelompok kita. Kita cold box juga belum ada," kata Wayan. Perwakilan Pemkab Badung menyatakan akan memberi bantuan berupa 7 buah perahu motor mesin tempel ukuran 5 GT pada November mendatang. Mendengar hal itu, Puan pun meminta pihak nelayan merinci apa saja kebutuhan lain yang masih diperlukan. "Kalau masih ada kebutuhan lain atas nama kelompok nelayan kirim surat ke saya, ke DPR nanti melalui Pak Giri atau Pak Made Urip (anggota DPR RI Dapil Bali), nanti akan saya tindaklanjuti. Sebisa mungkin akan kami siapkan," kata Puan.(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]