Axioo dan Kemenperin Cetak Talenta Industri 4.0


Kamis,06 Oktober 2022 - 10:07:31 WIB
Axioo dan Kemenperin Cetak Talenta Industri 4.0 sumber foto liputan6.com

Di era revolusi Industri 4.0 kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan industri terus meningkat. Untuk menyiapkan tenaga kerja yang andal, salah satunya adalah dengan memastikan bahwa tenaga pendidik di institusi pendidikan (SMK/Politeknik) memahami kompetensi apa yang wajib dimiliki oleh calon tenaga kerja, dan juga bagaimana budaya kerja yang ada di perusahaan. Untuk merealisasikan hal tersebut PT Tera Data Indonusa Tbk (Axioo) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Badan Pengembangan SDM menggelar pelatihan kompetensi untuk menciptakan tenaga pendidik yang andal. Perwakilan Kemenperin dan Kepala Badan Pengembangan SDM, Setyoko Pramono, menilai Axioo Class Program yang sudah berjalan ini bisa dijadikan sebuah model nasional, bagaimana sebuah industri itu 'ngelink dan ngemacth' dengan unit pendidikan.

Dilansir dari laman liputan6.com. "Unit pendidikan akan sangat terbantu jika perusahaan (industri) mau berpartisipasi mengembangkan sistem pendidikannya dari awal yaitu pada saat proses rekruitmen, pembelajaran, praktik kerja sampai pada akhirnya mereka dijadikan sebagai pegawai di perusahaan industri," kata Setyoko saat menghadiri kegiatan tersebut di Axioo Smart Factory, Jakarta Timur, belum lama ini.Menyadari kebutuhan akan sarana prasarana praktIk yang sangat berguna untuk mendukung pembelajaran SMK, Tera Data Indonusa juga mengibahkan bantuan alat praktik kepada sekolah-sekolah yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut.“Kami menyadari pentingnya alat praktik bagi siswa kejuruan untuk menunjang proses belajar sehingga kompetensi siswa dapat sesuai dengan kebutuhan industri," ujar Direktur Tera Data Indonusa, Andrey Fifo, dikutip Kamis (6/10/2022). Oleh karena itu, ia melanjutkan, perusahaan memberikan hibah beberapa alat praktik untuk beberapa SMK terpilih. Tera Data Indonusa melalui Axioo Class Program berharap dengan adanya kegiatan pelatihan dan penyerahan hibah alat praktik ini program pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di Indonesia dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Pengiriman Laptop

Sementara Corporate Secretary Axioo, Luhur Budiman, menilai pasar retail dan korporasi untuk TIK di Indonesia masih terus berkembang dengan pesat, seiring perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang masih mempunyai kepemilikan komputer yang sangat rendah. Axioo terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industri TIK, untuk meningkatkan TKDN dan memberdayakan industri pendukung dalam rantai pasokan TIK nasional. “Axioo sebagai merek asli indonesia berhasil meraih capaian skor tertinggi untuk produk ChromeBook hingga 52,55 persen dalam pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)," klaim Luhur. Dengan demikian, kata Luhur, perusahaan sudah melampaui kriteria dari pemerintah mengenai pemenuhan tingkat kandungan lokal. "Selain itu, spesifikasinya juga sudah sesuai standar yang telah ditentukan oleh kebutuhan pemerintah,” Luhur memungkaskan. Sebagai informasi, pengiriman laptop ChromeBook dan laptop administrasi perkantoran ini akan dilaksanakan secepatnya untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah dan kantor pemerintah atau Lembaga di seluruh Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]