STAIN Bengkalis Miliki Kewajiban Lahirkan Lulusan Berkualitas


Kamis,26 Mei 2016 - 10:57:04 WIB
STAIN Bengkalis Miliki Kewajiban Lahirkan Lulusan Berkualitas Wabup Bengkalis, H Muhammad saat menjadi narasumber dialog interaktif yang ditaja STAIN Bengkalis, Selasa (24/05/2016). (foto: ist)

Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang handal, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis memiliki kewajiban untuk melahirkan lulusan berkualitas.

Harapan tersebut disampaikan langsung Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad saat menjadi narasumber dialog interaktif yang ditaja Program Pendidikan (Prodi) Siyasah Syar'iyyah (Politik dan Hukum Tata Negara Islam) STAIN Bengkalis, Selasa (24/05/2016).

Selain Muhammad, dialog yang mengusung tema "Mewujudkan Bengkalis sebagai Kota Pendidikan yang Paripurna" ini juga dihadiri anggota DPRD Bengkalis, Abi Bahrun. Muhammad mengatakan, berbagai tantangan ke depan mengharuskan perguruan tinggi untuk bisa menghasilkan alumni berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan alaumni-alumni dari perguruan tinggi lainnya di Riau atau bahkan di Indonesia maupun mancanegara.

"Mengingat dalam era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan makin ketat, terutama dibidang ketenagakerjaan, karena itu, perguruan tinggi harus mampu melahirkan lulusan yang produktif, terbaik, unggul dan mampu bersaing dengan tenaga terampil dari perguran tinggi lainnya", tegasnya.

Tak hanya itu, perguruan tinggi juga harus bisa mencetak wirausahawan handal yang mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi muda mendatang. Hal senada dikemukakan anggota DPRD Bengkalis yang juga menjabat ketua komisi IV, H Abi Bahrun. Dalam pemaparannya, Abi mengajak segenap mahasiswa yang hadir untuk mengubah pola pikir. Lulusan perguraun tinggi harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan.

Menurutnya saat ini mayoritas sarjana, ketika lulus kuliah langsung berburu pekerjaan, padahal tidak semua sarjana harus mencari pekerjaan, tapi bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Sebagai penyemangat, Abi juga menceritakan bagaimana kisah sukses para lulusan perguruan tinggi yang merubah pola pikir dari mencari pekerjaan menjadi pencipta pekerjaan. Seperti, kisah sukses Nadiem Makarim pendiri GoJek dan Anthony Tan pendiri GrabTaxi.

Dalam dialog yang dimoderatori Wira Sugiarto ini turut hadir, ketua STAIN Bengkalis Prof H Samsul Nizar, Ketua Prodi Siyasah Syar'iyyah, Muhammad Ashubli, dan segenap civitas akademika STAIN Bengkalis.(*)

Jun-1080
 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]