Harga Daging Sapi di Bengkalis Naik Sebelum Ramadan


Jumat,10 Juni 2016 - 15:06:18 WIB
Harga Daging Sapi di Bengkalis Naik Sebelum Ramadan Daging sapi di pasaran Bengkalis. (foto: Jun)

Harga komoditi bahan pokok pada minggu pertama bulan Ramadan 1437 Hijriyah di Kota Bengkalis merangkak naik. Di antaranya adalah daging sapi.

Kenaikan harga daging sapi ini sudah berlangsung sejak awal Ramadan. “Sejak awal puasa kemarin kita menjual daging sapi seharga Rp140.000 per kg. Bahkan sebagian rekan-rekan ada yang menjual Rp150.000 per kg. Daging yang kita jual adalah daging sapi lokal,” terang Soleh, seorang pedagang daging sapi di Pasar Terubuk Bengkalis, Kamis (9/6/2016).

Dikatakan dia, sebelum masuk bulan Ramadhan harga daging sapi di Bengkalis Rp. 130.000 sampai Rp 135.000 per kilogram. Kenaikan harga jual ini disebabkan kenaikan dari pemasok. Menurut Soleh lagi, akibat kenaikan harga daging sapi ini penjualan daging mereka mengalami penurunan. “Sejak harga daging mulai naik awal puasa beberapa hari lalu, penjualan kita mengalami penurunan,” ungkap Soleh.

Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bengkalis membenarkan kenaikan harga daging sapi tersebut.  Kenaikan harga daging ini memang terjadi karena kenaikan dari pihak pemasok. Memang, beberapa hari ini ada kenaikan harga daging sapi sejak awal Ramadhan," ungkap Raja Arlangga Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Bengkalis.

Dikatakan Raja, memang ada kabar Presiden Indonesia meminta untuk harga daging sapi diturunkan berkisar Rp 80.000/kilogramnya. Hal ini bisa dilakukan untuk daerah yang dekat dengan pelabuhan - pelabuhan Internasional yang menangani Impor. "Untuk wilayah Bengkalis yang merupakan wilayah pulau tentu sulit untuk diterapkan. Karena membutuhkan biaya angkut daging impor ke Bengkalis," terang Raja.

Dikatakan dia, memang ada intruksi oleh Presiden untuk menekan harga daging. Namun secara resmi bagaimana mekanisme untuk menekan harga daging tersebut belum ada petunjuk yang sampai ke Disperindag Bengkalis. "Kalau ada pemberitahuan secara resmi dan jelas bagaimana mekanismenya tentu kita menyambut baik untuk melakukan penekanan harga daging di pasaran," terang Raja.(*)

Jun | 1080


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]