Warga Ungkap Kualitas Siaran TV Analog & Digital Jabodetabek usai ASO


Kamis,03 November 2022 - 14:50:22 WIB
Warga Ungkap Kualitas Siaran TV Analog & Digital Jabodetabek usai ASO sumber foto cnnindonesia.com

Siaran televisi analog sejumlah stasiun televisi swasta dilaporkan masih dapat dinikmati di wilayah Jabodetabek dengan kualitas tak bagus saat Analog Switch Off (ASO) sudah dilaksanakan. Beberapa stasiun TV tersebut di antaranya adalah anggota MNC Group, yakni RCTI, Global TV, MNC TV, iNews. Sisanya adalah milik Viva Group, ANTV. Naufal (23), warga Jakarta Timur, mengatakan siaran stasiun TV analog yang masih bisa disaksikan kualitasnya kurang begitu bagus. "MNC bisa tapi jelek banget. iNews sama RCTI engga terlalu jelek. Kalo ANTV bagus banget," tuturnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (3/11). Terpisah, Luthfie (31),warga Tangerang, mengaku masih bisa menyaksikan beberapa stasiun TV swasta di siaran analog

Dilansir dari laman cnnindonesia.com. "Yang analog masih ada RCTI, Global sama ANTV. Terus kalau digitalnya RCTI belum ada," ujarnya. Sementara, katanya, kualitas sinyal TV digital di rumahnya belum terlalu baik. "Kualitas sinyal juga masih belum oke kayaknya. Cuma channel grup Transmedia yang lancar. Sisanya kayak nonton pake kuota," katanya. Mutia (23), karyawan Swasta yang tinggal di Bogor, mengaku TV di rumahnya sudah bisa menikmati siaran digital usai ASO dilaksanakan. Namun, ia tak bisa menemukan saluran RCTI. "Saya dapat banyak channel tapi RCTI enggak ada," kata dia. Lain halnya dengan Sania (23), yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan. Dia mengaku TV di rumahnya sudah tidak bisa menangkap siaran analog.

Berdasarkan pantauan dari posko bersama gabungan Balai Monitoring DKI Jakarta dan Tangerang, beberapa stasiun televisi yang masih bersiaran analog. Hal tersebut disampaikan saat menjawab pertanyaan Plt. Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ismail terkait kondisi di lapangan setelah ASO dieksekusi. "Berdasarkan hasil monitoring di posko, ini dari 25 stasiun tv analog masih ada 5 stasiun yang on. 4 di antaranya dari MNC group, 1 dari ANTV," ujar tim tersebut. CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi pihak MNC Group dan ANTV untuk mengonfirmasi siaran analog yang masih diberikan oleh masing-masing stasiun TV ini, tetapi keduanya belum memberikan respons.

Terkait TV swasta yang masih belum mematikan siaran analog, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate meminta mereka untuk segera melakukan hal tersebut demi industri televisi nasional dan masyarakat. "Saya memperhatikan secara teknis tidak semua yang di sebelah kanan mati, di sebelah kiri hidup. Di kanan analog, kiri digital. Yang di sebelah kanan ada yang belum mati saya berharap kerjasamanya," tutur Plate di acara Countdown ASO di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat. "Saya minta kerjasamanya terhadap pejabat yang berwenang termasuk tim yang berwenang untuk berdiskusi dan pendekatan dan menyelesaikannya dengan baik, karena ini demi industri televisi nasional dan layanan masyarakat," tambahnya.(IV)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]