TKDN Semen Indonesia di 2022 Naik 44 Persen


Selasa,10 Januari 2023 - 09:34:25 WIB
TKDN Semen Indonesia di 2022 Naik 44 Persen sumber foto merdeka.com

Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), Donny Arsal mengatakan pada tahun 2022 pencapaian penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sparepart di SIG mencapai Rp550 miliar, atau naik 44 persen dari periode sebelumnya sebesar Rp382 miliar. Untuk realisasi pencapaian juga berhasil melampaui target yang telah ditetapkan yakni pada tahun 2022 sebesar Rp479 miliar. Dia menjelaskan peningkatan capaian penggunaan TKDN melalui merupakan inisiatif strategis SIG pada pilar Mendorong Solusi dan Inovasi Berkelanjutan yang tertuang dalam sustainability roadmap SIG 2020-2030.

Dilansir dari laman merdeka.com. "Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya yang agresif, salah satunya melalui kolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melaksanakan aktivitas riset pengembangan sparepart dengan Industri Dalam Negeri dan Pembinaan UKM, dimana SIG berperan sebagai offtaker," ujat Donny dalam keterangan resmi, Senin (9/1).

Dia menyebut kolaborasi yang dilakukan bersama LPDP menjadi aksi afirmatif dan dukungan bagi SIG untuk semakin memperkuat dan mendorong penggunaan produk dalam negeri di Perusahaan, serta mengawal implementasi kebijakan pemerintah, di mana Industri hanya akan tumbuh dan berkembang jika produknya digunakan, baik untuk mencapai skala ekonomi, maupun untuk peningkatan kualitas produk

"Sebagai Perusahaan BUMN, SIG senantiasa mendukung program dan kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dalam menumbuhkan perekonomian nasional dengan cara membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Industri Besar Dalam Negeri dan Usaha Kecil Menengah untuk ikut serta dalam bagian rantai pasok SIG," kata dia.

Sebagai informasi, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama pendanaan riset untuk mendukung aktivitas penelitian dan pengembangan sparepart pabrik milik SIG. Penandatanganan MoU dilakukan di jakarta, Jumat (6/1).

Ini merupakan komitmen SIG untuk meningkatkan capaian TKDN pada komponen operasional pabrik milik SIG. Sebagai pengguna, SIG akan menyampaikan sparepart yang akan digunakan di Pabrik SIG kepada Industri Dalam Negeri selaku produsen.

Selanjutnya, secara bersama-sama (SIG, Industri Dalam Negeri, dan Tim Peneliti) melakukan penelitian dan pengembangan sparepart yang sesuai dengan kebutuhan operasional SIG, agar dapat diproduksi dan dipasok oleh Industri Dalam Negeri termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]