Tak Cuma Pengangguran, Karyawan Juga Boleh Ikut Program Kartu Prakerja


Kamis,19 Januari 2023 - 09:57:28 WIB
Tak Cuma Pengangguran, Karyawan Juga Boleh Ikut Program Kartu Prakerja sumber foto merdeka.com

Head Komunikasi PMO Kartu Prakerja, William Sudhana menyebut bahwa program Kartu Prakerja dengan skema normal tidak hanya untuk pengangguran atau pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saja. Namun, program ini juga terbuka bagi semua angkatan kerja. "Program Kartu Prakerja bukan (hanya) untuk pengangguran. Jadi program Kartu Prakerja ini untuk seluruh angkatan kerja. Jadi apakah pengangguran menjadi prioritas? Belum tentu. Semua angkatan kerja yang produktif dalam rentang 18-64 tahun, mereka yang akan punya kesempatan," kata Head Komunikasi PMO Prakerja William Sudhana dalam konferensi pers Kartu Prakerja, Rabu (18/1/).

Dilansir dari laman merdeka.com. Menariknya, yang telah memiliki pekerjaan juga bisa ikut bergabung dalam program Kartu Prakerja tahun 2023 ini. Hal ini ditujukan bagi pekerja yang ingin meningkatkan keahliannya di bidang tertentu. Mereka bebas untuk mendaftar yang terpenting memenuhi persyaratan. "Jadi bagi mereka yang masih bekerja juga terbuka, tapi ya ini kesempatan sekali seumur hidup. Jadi, sekali sudah kena, dapat, dimanfaatkan sebaik mungkin," tambah Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem Kurniasih Suditomo.

Head Kemitraan dan Program Kartu Prakerja, Dwina M Putri menambahkan, dalam skema baru ini, pelatihan dilakukan secara offline dan online. Untuk offline akan dilakukan di 10 Ibukota Provinsi, sementara untuk online dilakukan di seluruh Indonesia. "Dimulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang,surabaya, Medan, Bali, Pontianak, makasar, Kupang, dan Jayapura," kata Dwina.

Dwina menegaskan, program Kartu Prakerja dengan skema normal ini tidak akan ada lagi pelatihan menonton video secara mandiri (Self-paced learning). Lantaran pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja ingin melakukan peningkatan kualitas pelatihan secara luring atau offline dan daring dalam format webinar.

"Untuk tahap awal kita akan mencoba di dua moda dulu, pertama moda online dengan format webinar full. Kedua, adalah moda offline atau luring. Di awal ini tidak akan ada lagi moda pelatihan nonton video secara mandiri," ujar Dwina.  Berikut Syarat mendaftar program kartu Prakerja skema normal 2023:

- Warga Negara Indonesia
- Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Tidak sedang mengikuti pendidikan formal baik SD, SMP, SMA, S1, S2, S3
- Berusia 18-64 tahun
- Tidak berstatus Pejabat Negara, Pimpinan dan/atau anggota DPRD, ASN, TNI, POLRI, Kepala
Desa/Perangkat Desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD
- Belum pernah menjadi penerima Program Kartu Prakerja.
- Penerima Program Bansos Pemerintah lainnya kini diperbolehkan.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]