Ekonomi AS Masih Panas, Trader Ramai-Ramai Jual Emas


Jumat,27 Januari 2023 - 11:01:08 WIB
Ekonomi AS Masih Panas, Trader Ramai-Ramai Jual Emas sumber foto cnbcindonesia.com

Harga emas merosot cukup tajam setelah Amerika Serikat (AS) mengumumkan data pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2022. Pertumbuhan ekonomi AS yang di atas ekspektasi pasar bisa memudarkan harapan akan pelonggaran suku bunga. Pada penutupan perdagangan Kamis (26/1/2023), emas ditutup di posisi US$ 1.928,99 per troy ons. Harga sang logam mulia merosot 0,87%.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com. Pelemahan ini memutus tren positif emas yang menguat selama tiga hari perdagangan sebelumnya. Seperti diketahui, AS mengumumkan ekonomi mereka tumbuh 2,9% (quarter to quarter/qtq) pada kuartal IV-2022. Pertumbuhan tersebut di atas ekspektasi pasar yang berada di kisaran 2,6%. Sepanjang 2022, ekonomi Negara Paman Sam tumbuh 2,1%. Angka tersebut memang jauh di bawah pertumbuhan pada 2021 yang mencapai 3,2%. Namun, pertumbuhan terbilang tinggi di tengah hantaman tingginya inflasi dan suku bunga di AS.

Kamis malam AS juga mengumumkan data klaim pengangguran pada pekan yang berakhir 21 Januari. Klaim yang diajukan sebanyak 186.000 atau terendah sejak April 2022. Lebih rendahnya klaim pengangguran menunjukkan pasar tenaga kerja AS masih tumbuh kuat di tengah tingginya suku bunga. Masih kencangnya ekonomi AS ini bisa membuat bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) menunda pelonggaran kebijakan moneter mereka. The Fed akan mengelar rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pekan mendatang.

"Data-data terbaru menunjukkan ekonomi AS dan pasar kerja masih tahan banting meskipun konsumsi turun. Data-data ini bisa membuat The Fed memiliki ruang untuk mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama lagi," tutur analis Heraeus Precious, Tai Wong, dikutip dari Reuters.Suku bunga yang agresif akan melambungkan dolar AS dan ini berdampak negatif ke emas. Dolar yang menguat membuat emas semakin mahal sehingga sulit terjangkau untuk investasi.

(IV)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]