Panggilan untuk Para Orangtua, Ini Tips Siapkan Dana Pendidikan Anak


Senin,13 Februari 2023 - 11:05:09 WIB
Panggilan untuk Para Orangtua, Ini Tips Siapkan Dana Pendidikan Anak sumber foto merdeka.com

Menjadi orangtua memang tak semudah yang dipikirkan. Sebab, mengurus anak tidak hanya soal membesarkan dan memberi makan. Namun, memberikan fasilitas pendidikan yang layak menjadi salah satu tanggung jawab orangtua kepada anak. Pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk membentuk masa depan anak yang lebih baik. Sayangnya, banyak orangtua yang kerap keteteran untuk membayar uang sekolah anak karena belum adanya persiapan.

Dilansir dari laman merdeka.com. Karenanya, sangat penting untuk menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin demi menjamin pendidikan mumpuni bagi anak, tanpa terbebani biaya yang tinggi di masa mendatang. Berikut tips bagi masyarakat, khususnya orang tua, yang ingin menyiapkan dana pendidikan anak, dari Tokopedia dan Certified Financial Planner, Annisa Steviani.

1. Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Annisa mengatakan, gunakan skema menabung 6 tahunan dimulai pada saat mengandung atau melahirkan. Proyeksikan tabungan untuk biaya masuk SD dan universitas. Biaya kuliah didahulukan agar waktu menabung lebih panjang.

"Enam tahun berikutnya, siapkan tabungan untuk masuk SMP dan SMA. Jika masih ada sisa, bisa digabung dengan tabungan awal yang diproyeksikan untuk kuliah anak," tambah Annisa.

2. Survei Sekolah Idealnya Sejak Anak Lahir

Mulailah melakukan survei sekolah secepatnya, idealnya sejak anak lahir. Berdiskusilah dengan pasangan dan satukan persepsi agar dapat merencanakan pilihan sekolah yang cocok dengan pola pengasuhan atau nilai yang dipegang keluarga.

3. Pilih Sekolah Sesuai Kemampuan

Perhitungkan juga biaya di luar uang pangkal masuk sekolah, misalnya ekstrakurikuler, praktikum, field trip dan banyak lagi. Pilihlah sekolah sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai mengganggu cash flow bulanan rumah tangga.

4. Lakukan Investasi Jangka Panjang

Selain menabung, orang tua sebaiknya berinvestasi jangka panjang, seperti emas atau reksa dana, yang secara historis bisa melawan inflasi dana pendidikan.

(iv)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]