Ini 3 Jurus Buat SDM Pariwisata Berkualitas


Selasa,09 Agustus 2016 - 12:07:13 WIB
Ini 3 Jurus Buat SDM Pariwisata Berkualitas Arief Yahya memberi keynote speech di Konferensi Internasional MRA TP. (Wahyu/detikTravel)

Pemandu wisata sampai staf hotel yang ramah pasti membuat turis lebih nyaman liburan di Indonesia. Ada 3 jurus untuk menciptakan SDM pariwisata berkualitas.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam Konferensi Internasional Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professional (MRA-TP). Menurut Arief, kunci SDM Pariwisata berkualitas ada di 3 hal yaitu sertifikasi, exchange program dan terakhir harus digitalisasi.

"Kita harus mendukung SDM Pariwisata kita, untuk mendapat pengakuan akan kompetensinya di kawasan ASEAN. Kita sepakat untuk jadi single destination dan harus ada standar soal sertifikasi SDM. Sejak tahun 2010, Indonesia sudah menyertifikasi 288 ribu tenaga pariwisata profesional, dari kebutuhan sekitar 500 ribu orang. Ini yang harus diakselerasi," terang Arief Yahya kepada wartawan di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Senin (8/8/2016) malam.

Sementara itu untuk langkah kunci kedua yang disarankan Arief adalah exchange program, alias program pertukaran SDM Pariwisata. Terutama bagi mereka yang masih sekolah, agar bisa merasakan pengalaman bekerja di negara lain selain Indonesia. "Saya berharap, mereka ini bisa ikut program pertukaran ke negara-negara ASEAN lainnya. Jadi sebelum lulus, setidaknya sudah pernah belajar bekerja di 9 negara lain, selain Indonesia," pinta Arief.

Langkah terakhir menurut Arief, untuk mencetak SDM Pariwisata sukses harus memanfaatkan fasilitas teknologi informasi, istilahnya harus Go Digital. Di era seperti sekarang, peran IT sangat penting bagi dunia pariwisata. Arief bahkan meminta materi pendidikan maupun pelatihan SDM ini nantinya bisa diakses dengan mudah agar siapa saja bisa ikut belajar dan meningkatkan kompetensinya.

"Pelatihan di bidang IT juga sangat penting. Proses pendidikan, dan materi pelatihan harus bisa diakses online, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat biasa agar bisa turut belajar meningkatkan kompetensinya di bidang pariwisata," tutup Arief dilansir detik.com.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]