8 Destinasi Asyik untuk Liburan Spontan


Kamis,18 Agustus 2016 - 13:17:15 WIB
8 Destinasi Asyik untuk Liburan Spontan Salah satu peninggalan yang bisa dilihat adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang kuno dan menyimpan sejuta sejarah di Cirbon.(foto: detik.com)

Karena tak direncanakan, destinasi liburan dadakan biasanya dipilih yang dekat dengan tempat tinggal. Dari Jakarta, ini 8 destinasi asyik untuk liburan spontan.

Berawal dari keisengan, akhirnya berangkatlah pergi liburan dadakan. Jika berangkat dari Jakarta, ada 8 destinasi dekat yang asyik dijadikan tujuan liburan spontan. Disusun detikTravel, Kamis (18/8/2016), inilah 8 destinasi asyik yang bisa dipilih untuk liburan dadakan:

1. Puncak

Bisa dibilang, inilah destinasi paling mudah bagi traveler asal Jakarta jika ingin liburan dadakan. Kapanpun bisa mendatangi tempat ini. Seringnya, liburan dadakan dilakukan pada malam hari atau subuh. Jumat malam bersama teman, langsung dadakan ke Puncak. Tanpa persiapan, tanpa rencana. Seru!

Beberapa hal yang bisa dilakukan di sana adalah duduk di kafe tepi kebun teh yang menawarkan pemandangan Bogor dari ketinggian. Cantik! Ada juga yang mengunjungi Masjid Atta'awun sembari menunggu pagi. Jika sudah pagi, berjalan meniti kebun teh pun jadi pilihan selanjutnya. Tak perlu waktu lama, yang penting liburan dan menyegarkan pikiran.

2. Bogor

Pilihan selanjutnya adalah Bogor. Selain bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi, kota ini sangat mudah juga didatangi dengan menggunakan commuterline. Tak perlu memesan tiket kereta lebih dulu, karena keretanya banyak dan bisa berangkat setiap berapa belas menit sekali.

Kebanyakan traveler yang liburan dadakan memilih sarapan di kawasan Suryakencana atau Taman Kencana. Tinggal pilih mau kuliner yang mana. Namun ada juga yang menuju Kebun Raya Bogor untuk piknik atau sekadar jalan-jalan. Sudah sampai di sana, kenapa tidak sekalian keliling museumnya.

Ada Museum Zoologi yang masih jadi bagian Kebun Raya Bogor. Ada juga Museum PETA di Jl Jenderal Sudirman No 35. Masing-masing menawarkan pesonanya sendiri. Ingin lebih larut bersatu dengan alam? Datang saja ke Bogor Barat. Di sana ada Center for International Forestry Research (CIFOR). Alamnya sungguh sejuk dan fotogenik!

3. Kepulauan Seribu

Bagi kamu yang kangen pantai dan mendadak ingin liburan ke pulau atau pantai, pasti Kepulauan Seribu sering jadi andalan. Ya memang Kepulauan Seribu termasuk destinasi yang mudah dijangkau karena tidak terlalu jauh dan tak perlu memesan tiket.

Cukup datang pagi hari ke Muara Angke dan pilihlah salah satu kapal kayu yang akan mengantar ke salah satu pulau besar di Kepulauan Seribu. Ada beberapa pilihan pulaunya seperti Pulau Pramuka atau Pulau Pari. Jika ingin ke pulau lain, kamu bisa sewa kapal nelayan untuk mengantar. Banyak lho pulau lain yang asyik untuk dijelajahi di sana!

Idealnya, liburan dadakan ke Kepulauan Seribu dimulai pada Sabtu pagi dan pulang pada Minggu siang. Jadi pilihannya tak perlu jauh ke pulau di ujung Jakarta. Bisa ke Pulau Tidung atau Pulau Pari pun sudah asyik kok!

4. Bandung

Nah, destinasi yang satu ini sering jadi incaran traveler yang pergi beramai-ramai dengan mobil atau touring dengan motor. Bandung memang asyik untuk dijadikan tempat liburan dadakan. Ada banyak kafe di Dago yang menawarkan makanan enak dan pemandangan memukau. Penginapan pun banyak tersedia, dari yang budget, sampai yang lucu seperti butik hotel.

Kalau ingin lebih jauh, bisa juga ke Lembang atau ke Tebing Keraton. Meski perjalanan agak jauh, namun pengalamannya seru. Jadi takkan menyesal! Kalau hanya di Kota Bandungnya, siap-siap macet karena pada akhir pekan biasanya padat.

5. Banten

Tujuan liburan dadakan selanjutnya adalah kawasan Anyer dan sekitarnya. Banten selalu menarik untuk dijelajahi. Meski sebagian jalannya jelek dan kadang macet, namun tetap saja banyak yang liburan ke sana.

Menginap di vila kawasan Anyer bersama keluarga atau teman jadi pilihan paling asyik untuk liburan dadakan. Meski pantainya tergolong biasa saja, namun mampu mengobati kangen akan angin pantai dan ombak yang menenangkan.

Lebih jauh lagi, ada Desa Sawarna yang menawarkan wisata pantai eksotis. Berbeda dengan pantai di Anyer, Sawarna memiliki lanskap yang lebih menarik dan eksotis. Banyak traveler yang rela berjalan lebih jauh demi liburan di sini. Kamu mau?

Kalau tak ingin pantai, ada pula wisata Kampung Baduy. Ada dua kampung yang bisa didatangi yaitu Kampung Baduy Luar dan Kampung Baduy Dalam. Untuk pengalaman yang lebih maksimal, cobalah mendatangi Kampung Baduy Dalam.

6. Garut

Ingin liburan dadakan ke destinasi yang tidak biasa? Maka Garut pun bisa masuk jadi pilihan. Di sana, ada Danau Cibereum yang cantik atau mandi air panas di Cipanas. Nah, tak jauh dari sana, ada kebun bunga mawar, kemudian taman burung dan penangkaran elang.

Kota ini juga memiliki pantai. Beberapa di antaranya adalah Pantai Parang Paranje, Pantai Rancabuaya dan Pantai Cicalebak yang digadang-gadang sebagai saingannya Pantai Kuta Bali. Untuk wisata sejarah, bisa menghampiri kota tua di kawasan Cangkuang. Di sana ada candi Hindu dan makam ulama yang bersebelahan. Harmonis!

7. Cirebon

Yang satu ini juga sering dijadikan incaran bagi traveler yang ingin liburan dadakan. Tak terlalu jauh dari Jakarta dan menyajikan banyak objek wisata seru, Cirebon selalu bikin penasaran. Pertama, tentu kehadiran Keraton Kasepuhan membuat wisatawan ingin menjelajah di dalamnya. Kemudian ada Taman Sari Gua Sunyaragi yang memiliki bangunan unik dan sejarah menarik.

Untuk wisata religi, Cirebon menjadi salah satu kota persebaran agama Islam oleh Walisongo. Salah satu peninggalan yang bisa dilihat adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang kuno dan menyimpan sejuta sejarah. Yang tak boleh ketinggalan adalah wisata kulinernya. Kota Udang ini terkenal dengan Empal Gentong nikmat yang bisa ditemui di Plered. Lalu, ada juga Nasi Jamblang yang sungguh khas dan menggoyang lidah.

8. Tegal

Pantai dan air terjun, itulah yang ditawarkan Tegal kepada wisatawan yang hendak liburan dadakan ke sana. Ada beberapa air terjun andalan di Tegal yaitu Curug Luhur, Curug Manten, dan Curug Putri. Ingin ke Pantai? Datang saja ke Pantai Alam Indah yang dekat Kota Tegal dan jalur Pantura. Ada pula Gua Lawet yang umurnya sudah ratusan tahun. Tak kalah menarik ya!

Bahkan Tegal juga punya situs peninggalan purbakala. Namanya Situs Purbakala Semedo, sering dibilang sebagai Sangirannya Tegal. Aneka fosil dan tengkorak manusia purba bisa dilihat di sini. Satu yang tak kalah terkenal di Tegal adalah pemandian air panas yang menyegarkan badan. Berada di kaki Gunung Slamet, siap-siap segarkan diri di Pemandian Air Panas Guci.(detik.com)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]