BTPN Wow! Dorong Perluasan Akses Keuangan

Lahirkan Produk Laku Pandai agar Tak Menyimpan Uang di Bawah Bantal


Selasa,23 Agustus 2016 - 18:36:01 WIB
Lahirkan Produk Laku Pandai agar Tak Menyimpan Uang di Bawah Bantal Kepala Bagian Pengawasan Perbankan OJK Riau, Elvira Azwan (tengah) dan Product and Customer Experience Head BTPN Wow!, Achmad Nusjirwan Sugondo (ujung kanan). (foto: Parlindungan)

Bagi masyarakat pelosok dapat menikmati ‘Laku Pandai’ sebagai pengganti peran bank. Produk perbankan yang digelentorkan  PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) ini sebagai bentuk langkah positif bagi masyarakat yang ingin menabung namun jauh dari bank.

Upaya ini dilakukan untuk merubah mindsite masyarakat agar tidak lagi menyimpan uang di bawah bantal, karena sudah disiapkan produk penyimpanan uang yang terjamin aman di tengah masyarakat pelosok.

“Untuk menikmati layanan perbankan, terutama masyarakat pelosok pedesaan, bisa memanfaatkan agen-agen Laku Pandai untuk transaksi perbankan, baik menabung atau menarik uang dengan cara yang lebih simpel dan tidak amembutuhkan waktu lama. Hanya memanfaatkan handphone,” terang Kepala Bagian Pengawasan Perbankan OJK Riau, Elvira Azwan, saat diskusi bertema ‘Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua’, Selasa (23/8/2016) di Hotel The Premiere Pekanbaru.

Acara ini diselenggarakan Koran Sindo bekerja sama dengan PT BTPN. Laku Pandai merupakan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akhir Maret 2015.

Hadir sebagai pembicara Kepala Bagian Pengawasan Perbankan OJK Riau Elvira Azwan dan Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo. Survei Global Financial Inclusion Index 2014 menunjukkan, hanya 36% jumlah orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di bank. Laku Pandai merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi industri perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Laku Pandai diharapkan dapat meningkatkan penetrasi perbankan ke masyarakat yang belum masuk ke dalam institusi keuangan formal namun di saat yang sama beban operasional bank menjadi lebih efisien karena tidak perlu membangun infrastruktur berupa kantor cabang.

Dalam program Laku Pandai, bank akan menunjuk agen di berbagai daerah. Agen dapat berbentuk warung maupun agen penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas hingga daerah terpencil.

Dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow!, layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

BTPN Wow! lahir dari proses panjang, diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba branchless banking yang digagas oleh Bank Indonesia pada 2013. Hal ini merupakan langkah yang sangat penting karena dalam proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank.

“Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini. Fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, kami yakini menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai,” tutur Iwan.

Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. Teknologi yang digunakan juga disesuaikan dengan target nasabahnya, yaitu menggunakan USSD atau Unstructured Supplementary Services Data. Teknologi ini memungkinkan segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) untuk bertransaksi, bahkan dengan sinyal minimum. 

Dalam kesempatan tersebut Iwan menambahkan, target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

Adapun agen  dapat berbentuk badan hukum maupun individual, yang diseleksi berdasarkan kriteria tertentu seperti rekam jejak berbisnis, reputasi, lokasi, maupun kemampuan dan pengetahuan dari calon agen. “Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia,” ujar Iwan.

Lakukan Perluasan Jangkauan

Untuk memperluas jangkauan, BTPN Wow! terus melakukan ekspansi, termasuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Pada awal 18 April 2016, BTPN Wow! Bekerja sama dengan Telkomsel mengembangkan layanan  keuangan terhubung. Layanan TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama merupakan layanan keuangan terhubung pertama di Indonesia yang menghubungkan layanan mobile money TCASH serta rekening tabungan BTPN Wow!.

Selain itu, BTPN juga mendukung kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. “Kami memandang, apa yang kami bangun di BTPN sejalan dengan semangat yang dihadirkan dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola. Dalam dunia sepak bola, setiap Keberanian dalam Berusaha, Disiplin, Kerja Keras, dan Saling Bantu menjadi salah satu kunci untuk menjadi yang terbaik. Untuk itu, kami memandang penting untuk mendukung kompetisi ini agar semangat yang kami bangun di BTPN dan juga dalam kompetisi sepak bola bisa terus memasyarakat,” ujar Iwan.

Sejak diluncurkan pada Maret 2015 hingga Juni 2016, total agen BTPN Wow! mencapai lebih dari 35.000 agen dengan jumlah nasabah hampir mencapai 700.000 orang.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]