1,5 Juta Muslim Bersiap Jalani Ibadah Puncak Haji di Armina


Minggu,11 September 2016 - 13:23:32 WIB
1,5 Juta Muslim Bersiap Jalani Ibadah Puncak Haji di Armina (foto: int)

Diprediksi sekitar 1,5 juta muslim dari seluruh dunia akan menjalani puncak haji di Arafah dan Mina (Armina). Para jemaah sudah berkumpul di tenda-tenda yang disiapkan di Mina.

Dikutip dari Aljazeera.com, Minggu (11/9/2016), para jemaah dari sekitar 150 negara mulai bergerak menuju Mina. Dari Masjidil Haram, sekitar 8 km jarak yang harus ditempuh para jemaah menuju Mina. Para jemaah akan berangkat saat fajar pada Minggu waktu setempat menuju Arafah. Dari Mina, jarak yang harus ditempuh oleh jemaah sekitar 14,4 Km menuju Arafah. 

Tahun lalu, peristiwa di Jamarat yang menewaskan ratusan jemaah menjadi evaluasi bagi Arab Saudi. Mengatasi masalah keamanan, sebagian para jemaah diberikan gelang elektronik yang menyimpan data pribadi jemaah sehingga memudahkan identifikasi.

Seribuan CCTV juga terpasang di sejumlah lokasi untuk memantau pergerakan jemaah. Sebelummnya diberitakan, anggota Sektor Khusus Masjidil Haram, Kompol Risben, melaporkan nyaris hanya ratusan jemaah saja yang mendatangi Masjidil Haram. Saat salat Ashar berjamaah, suasana di berbagai sudut Masjidil Haram sepi.

"Kami dari sektor khusus Masjidil Haram melaksanakan sweeping mencari jemaah Indonesia yang masih berada di Masjidil Haram untuk disarankan kembali ke hotel persiapan menuju Arafah," terangnya seperti dilansir detik.com.

Hingga saat ini proses pemberangkatan, jemaah menuju Arafah masih berlangsung. Ada tiga fase pemberangkatan jemaah yakni pagi, siang dan sore. Para jemaah akan menempati sekitaf 52 maktab di Arafah. Masing-masing Maktab nanti akan diisi oleh sekitar 3.000 orang jemaah. Prosesi wukuf baru akan berlangsung besok Minggu (11/9/2016) selepas dzuhur. Setelah itu jemaah akan ke Muzdalifah dan ke Mina untuk melontar jumrah.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]