15 Manfaat Daun Salam Baik untuk Kesehatan, Pernah Coba?


Selasa,02 Juli 2019 - 13:34:49 WIB
15 Manfaat Daun Salam Baik untuk Kesehatan, Pernah Coba? sumber photo detik.com

Daun salam memiliki manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan sampai berat. Pernahkah kamu mencobanya?

Daun salam memiliki kandungan senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat kamu harus mencoba mengolah daun salam untuk dijadikan obat herbal.

Apa saja khasiat daun salam yang bisa kamu dapatkan? Berikut penjelasannya.

 

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengonsumsi daun salam dapat membantu meluruhkan lemak. Kamu dapat mengunyah daun salam setiap hari atau dengan mengolahnya. Cara merebusnya bisa dengan menyiapkan 1 liter air dan 6 lembar daun salam. Tambahkan 1 sendok makan kayu manis bubuk serta 1 sendok makan madu murni. Campurkan semuanya dan tunggu sampai mendidih hingga air telah berubah warna. Konsumsi air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

2. Mengobati Darah Tinggi

Manfaat daun salam untuk darah tinggi juga bisa kamu rasakan. Air rebusan daun salam dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah.

3. Mengobati Asam Urat

Daun salam juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Minum rebusan daun salam 2 kali sehari untuk menghindari masalah asam urat yang diderita.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun salam dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan mual. Rebus daun salam dengan menambahkan lemon dan gula untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Menyehatkan Mata

Menggunakan daun salam sebagai bumbu tambahan masakan juga dapat menyehatkan mata. Selain menambah rasa masakan lebih enak, daun salam juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.

6. Mencegah Batu Ginjal

Daun salam juga dipercaya dapat mencegah munculnya batu ginjal. Ekstrak pada daun salam ini mampu mengurangi urease dalam tubuh. Urease adalah enzim yang jika berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah risiko batu ginjal.

7. Mengontrol Diabetes

Mengonsumsi daun salam dengan rutin juga mampu mengontrol diabetes. Hal ini sebabkan karena terdapat kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu proses produksi insulin. Insulin pada tubuh berperan untuk mengatur kadar gula darah.

8. Mengurangi Nyeri

Minyak yang dihasilkan dari daun salam dapat digunakan untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik, dan penyebab lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya sifat antiperadangan di dalamnya.

9. Mengobati Flu dan Batuk

Mengonsumsi air rebusan dan menghirup uap daun salam dapat membantu menyembuhkan flu dan batuk. Tidak saja itu, daun salam juga mampu menyembuhkan masalah pernapasan lainnya.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun salam memiliki kandungan flavonoid seperti salisilat, fitonutrien, dan asam caffeic. Kandungan zat-zat tersebut dapat membantu dalam mencegah stroke serta meningkatkan kesehatan jantung.

11. Meredakan Stres

Kandungan linalool yang terdapat di dalam daun salam dapat membantu menurunkan kinerja hormon stres. Kamu dapat menggunakan daun salam kering yang bisa kamu seduh menjadi teh. Hiruplah aroma teh tersebut saat kamu merasa panik, gelisah, atau lelah.

12. Menjaga Kesehatan Rambut

Daun salam dapat kamu gunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Kamu dapat menghangatkannya dan gunakan hot oli tersebut pada kepala untuk memijatnya. Gunakan hot oil ini setiap 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terdapat di dalam daun salam dapat membantu mencegah kanker. Antioksidan dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, mengonsumi ekstrak daun salam secara rutin akan membantu mencegah berkembangnya sel kanker.

14. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sifat antibakteri dan antimikroba yang dimiliki daun salam dapat membantu mengobati luka dan bekas luka. Tumbuk daun salam dan mengoleskan pada luka atau bekas luka tersebut.

15. Memutihkan Gigi

Daun salam juga dapat membantu memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan mengambil 6 lembar daun salam, kemudian jemur daun hingga kering. Setelah mengering, hancurkan daun dan campurkan dengan bubuk jeruk lemon. Gunakan ramuan tersebut dengan menggunakan sikat gigi dan gosoklah gigi seperti biasa. Selain gigi menjadi lebih putih, mulut juga akan terasa lebih sehat.

Itulah 15 manfaat daun salam untuk kesehatan yang dapat kamu coba. Kamu harus tetap memperhatikan efek sampingnya karena pengobatan dengan menggunakan bahan alami hanya bersifat alternatif. Konsultasikan ke dokter jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan hentikan pemakaian, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]