Waspada! 10 Makanan Ini Bisa Meyebabkan Kematian


Rabu,10 Juli 2019 - 09:09:31 WIB
Waspada! 10 Makanan Ini Bisa Meyebabkan Kematian sumber photo detik.com

Tak semua jenis makanan aman dikonsumsi manusia. Beberapa jenis makanan bahkan bisa mengakibatkan penyakit serius hingga mematikan saat dikonsumsi. Apa saja?

Pada dasarnya, makanan merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuh agar lebih berenergi. Tapi beberapa jenis makanan ternyata malah tergolong membahayakan.

Dilansir dari Foodbeast (5/7), berikut beberapa makanan yang bisa bikin Anda sakit, mual, dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak disiapkan dengan benar sebelum dikonsumsi. Mulai dari kayu manis, ikan fugu, sampai gurita hidup.

1. Kayu manis

Pada dasarnya, kayu manis yang digunakan hanyalah serbuk kulit kayu manis. Jumlah pemakaiannya juga hanya sedikit di setiap makanan. Namun kayu manis bisa sangat berbahaya jika tidak sengaja terhirup. Hal ini menyebabkan gejala mengerikan seperti peradangan, jaringan parut di paru-paru, muntah, dan bahkan kematian.

2. Kacang lima 

Kacang dikenal memiliki manfaat sehat luar biasa dan tinggi protein sehingga kerap diandalkan mereka yang vegan dan vegetarian. Namun kacang lima justru sebaliknya. Bukannya sehat kacang ini berbahaya.

Kacang lima mentah mengandung linamarin yang dapat berubah menjadi hidrogen sianida setelah dikonsumsi dan diurai. Untuk membersihkan kacang-kacangan dari bahan kimia ini, pastikan untuk memasaknya dengan seksama ketika sudah terbuka, kemudian tiriskan dan bilas kacang setelah sudah matang.

3. Kacang Brazil 

Kacang berbentuk bulan sabit ini memiliki rasa yang lezat, tetapi Anda perlu mengontrol porsi saat memakan kacang ini. Kacang Brazil mengandung selenium, racun yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Efek samping lainnya bisa membuat kuku dan rambut rontok, diare, dan keracunan selenium. Para ahli merekomendasikan untuk konsumsi hanya tiga kacang Brazil dalam sehari.

4. Ikan Fugu

Dianggap sebagai makanan lezat di negara-negara Asia seperti Korea Selatan dan Jepang, ikan fugu ternyata memiliki racun yang disebut tetrodotoxin di kulit mereka dan di beberapa organ. Tetrodotoxin dianggap 1.200 kali lebih beracun daripada sianida. Satu ikan fugu bahkan mengandung banyak racun yang dapat membunuh 30 orang dewasa.

Namun, jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pastikan untuk memakan ikan fugu yang disiapkan khusus. Beberapa chef terlatih dan bersertifikat khusus sehingga dapat mengolah ikan fugu dengan benar.

5. Tomat 

Bagian tomat yang berbahaya bukanlah buahnya, melainkan batang dan daun tomat. Batang dan daunnya mengandung racun yang disebut glycoalkaloid yang bisa beracun jika dimakan dalam jumlah besar.

6. Minyak jarak 

Minyak jarak dikenal karena manfaat sehatnya. Minyak ini juga mulai populer sebagai produk perawatan kulit dan rambut. Namun, ada alasan mengapa minyak jarak tidak digunakan seperti minyak lain seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak jarak berasal dari biji jarak yang mengandung racun risin. Apabila Anda memakannya walaupun hanya lima hingga sepuluh biji, itu bisa berakibat fatal bagi orang dewasa.

7. Gurita Hidup 

Gurita hidup mungkin tampak menjijikkan bagi banyak orang, tetapi gurita hidup adalah makanan lezat di banyak restoran sushi di Korea Selatan. Gurita ini biasa disajikan dengan dicincang sehingga masih menggeliat di piring saat disajikan. Meskipun rasa gurita cukup hambar, banyak orang sangat menikmati hidangan ini.

Namun Anda perlu memperhatikan ketika makan gurita hidup, Anda perlu mengunyah dengan hati-hati dan perlu mempersiapkan secangkir air panas jika Anda merasa gurita tersebut ingin menghisap mulut Anda.

8. Almond mentah 

Almond adalah sumber protein dan camilan sehat yang mudah dibawa-bawa. Almond mentah dikenal memiliki rasa yang pahit. Namun ternyata almond pahit yang masih mentah penuh dengan sianida yang bisa berakibat fatal jika Anda makan hingga 8-32 almond.

Meski begitu almond mentah aman dikonsumsi namun pilihlah yang didomestikasi. Pastikan juga memeriksa label dalam kemasan sebelum mulai makan almond mentah.

9. Ceri 

Ceri adalah buah yang memiliki rasa manis dan bentuk yang menggemaskan. Tapi biji ceri yang kecil ternyata mengandung hidrogen sianida yang sangat berbahaya. Senyawa ini dapat membuat Anda sakit atau bahkan membunuh Anda jika Anda memakan biji yang rusak. Bahkan dengan mengunyahnya akan lebih berbahaya karena akan melepaskan racun langsung ke aliran darah Anda.

10. Apel 

Ternyata biji apel memiliki racun mematikan yang sama dengan biji ceri. Biji yang dikunyah dapat melepaskan sianida yang dapat menyebabkan kelumpuhan, gagal jantung, dan bahkan kematian. Dosis fatal ini bisa terjadi jika Anda memakan sekitar 200 biji apel, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]