10 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona


Jumat,20 Maret 2020 - 11:08:59 WIB
10 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona sumber foto lifestyle.okezone.com,

Selain mengimbau untuk belajar, beribadah dan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), pemerintah juga terus mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, selain cara-cara tersebut, Anand Ashram Foundation pun memiliki beberapa cara mudah yang bisa dilakukan setiap masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh. Beberapa di antaranya sangat mudah dan bahkan sudah jadi kebiasaan kita sehari-hari.

Berikut penjelasannya khusus untuk Okezoners agar terhindar dari virus corona:

1. Diet vegetarian

Virus corona termasuk dalam penyakit zoonosis atau penyakit yang ditularkan antara hewan dan manusia, sehingga diet vegetarian dapat membantu mengurangi risiko penularan virus. Meski demikian, sampai sekarang belum diketahui pasti apa sumber utama dari penyebaran virus penyebab COVID-19 ini.

2. Konsumsi buah

Bersama dengan sayuran, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan utuh. Sebab, buah utuh yang Anda makan menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Olahraga teratur

Selain menjaga asupan makanan yang baik, olahraga juga diperlukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Olahraga yang teratur akan meningkatkan imunitas. Disarankan menggunakan masker jika Anda berolahraga di luar ruangan.

4. Cuci tangan dengan benar dan teratur

Para peneliti dari MIT mengatakan, mencuci tangan dapat membantu meredam pandemi hingga 69%. Ada 7 langkah mencuci tangan yang benar. Semua tahapan hanya dilakukan dalam waktu 20 detik saja, kok.

5. Paparan sinar matahari

Perlu Anda ketahui, ketika kulit Anda terpapar sinar matahari, ia memproduksi vitamin D dan kolesterol yang membantu agar tulang lebih kuat, tidur lebih nyenyak, dan daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

6. Konsumsi rempah

Ayurveda menyarankan agar Anda rutin mengonsumsi herbal untuk daya tahan tubuh yang baik, seperti misalnya konsumsi kunyit, jahe, sereh, temulawak, dan bawang putih.

7. Hindari tempat ramai dan kenakan masker

Penyebaran virus corona dapat terjadi terutama melalui tetesan pernapasan (misalnya karena batuk atau bersin) yang bisa masuk mendarat di mulut atau hidung orang lain.

8. Hindari prasmanan atau makanan siap saji

Dalam suasana prasmanan, orang berbicara sambil mengambil makanan. Hal ini berisiko masuknya tetesan air liur orang lain yang mungkin saja dia terinfeksi ke makanan yang dibiarkan terbuka bebas. Karena itu, disarankan juga untuk tidak berbicara saat makan.

9. Hindari pegangan tangga atau pagar dan sejenisnya

Virus corona dapat bertahan hingga 9 jam di permukaan logam. Maka dari itu, hindari pegangan tangga jika memungkinkan.

10. Salam tradisional

Jabat tangan dipercaya bisa menularkan 124 juta koloni bakteri, sedangkan salam tradisional atau 'Namaste' tidak mengalami proses penularan tersebut. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]