5 Tanda Sistem Imunitas Tubuh Anda Lemah


Senin,28 September 2020 - 13:49:09 WIB
5 Tanda Sistem Imunitas Tubuh Anda Lemah sumber foto lifestyle.okezone.com,

Di tengah pandemi Covid-19, banyak yang mengambil tindakan pencegahan tambahan agar tetap sehat. Mencuci tangan selama 20 detik dan mempraktikkan jarak sosial adalah kunci pencegahan penyebaran virus corona.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, namun, penting juga untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat yang dapat melawan kuman yang mungkin Anda temui.

Jika Anda menyadari bahwa Anda sering sakit, merasa lelah, atau memiliki gejala mengganggu lainnya yang tidak dapat Anda pahami, itu mungkin berarti sistem kekebalan Anda melemah. Melansir Penn Medicine, berikut 5 tanda bahwa sistem imunitas tubuh Anda lemah.

1. Tingkat stres Anda sangat tinggi

Bukan kebetulan jika Anda cenderung sakit setelah proyek besar di tempat kerja atau mengikuti situasi emosional di rumah. Menurut laporan American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respons sistem kekebalan Anda.

“Itu karena stres menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit Anda, semakin Anda berisiko terkena virus seperti flu, ”jelas Nadia Hasan, DO, dokter di Delancey Internal Medicine.

2. Anda sering demam

Sangat normal bagi orang dewasa untuk bersin dan dan terserang flu dua atau tiga kali setiap tahun. Kebanyakan orang yang terserang flu akan kembali pulih dalam tujuh sampai 10 hari.

“Selama waktu itu, sistem kekebalan membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan kuman yang mengganggu,” kata Dr. Hasan.

Tetapi jika Anda terus-menerus masuk angin atau pilek yang tidak kunjung sembuh, itu pertanda jelas bahwa sistem kekebalan Anda sedang berjuang untuk mengimbanginya.

3. Anda memiliki banyak masalah perut

Jika Anda sering mengalami diare, gas, atau sembelit, itu bisa menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan Anda sedang terganggu. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 persen sistem kekebalan Anda terletak di saluran pencernaan Anda. Bakteri dan mikroorganisme menguntungkan yang hidup di sana melindungi usus Anda dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan. Jumlah kecil dari bakteri usus bermanfaat ini dapat membuat Anda berisiko terhadap virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun.

4. Luka Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh

Kulit Anda biasanya akan terluka setelah Anda terbakar, terpotong atau tergores. Tubuh Anda bekerja untuk melindungi luka dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu meregenerasi kulit baru. Proses penyembuhan ini bergantung pada sel kekebalan yang sehat. Tetapi jika sistem kekebalan Anda lamban, kulit Anda tidak dapat beregenerasi. Sebaliknya, luka Anda akan bertahan lebih lama dan sulit sembuh.

5. Anda merasa lelah sepanjang waktu

Anda tahu pasti bahwa aktivitas yang padat akan membuat Anda merasa lesu. Tetapi jika Anda cukup tidur dan masih kelelahan, ada baiknya mempertimbangkan jika sistem kekebalan Anda mencoba memberi tahu Anda sesuatu. “Itu karena tubuh Anda berusaha menghemat energi untuk menggerakkan sistem kekebalan Anda sehingga bisa melawan kuman,” jelas Dr. Hasan. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]