Bus Premium Kelas Ekonomi Layani Rute Sumatera-Jawa


Sabtu,12 Mei 2018 - 16:42:06 WIB
Bus Premium Kelas Ekonomi Layani Rute Sumatera-Jawa (foto: detik)

Pencinta angkutan bus ditawarkan dengan bus baru dengan rute Sumatera-Jawa. PT SAN Putra Sejahtera menghadirkan bus premium tapi untuk kelas ekonomi.

Dengan lima unit Maxi bus 3-axle (tiga sumbu roda), bus premium kelas ekonomi itu melayani rute Pasir Pangaraian (Riau) ke Blitar. "Kami menghadirkan armada bus terbaru yang terbaik untuk penumpang setia kami dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya," kata Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, dalam siaran persnya.

Sejak 2003, PT SAN Putra Sejahtera menyajikan layanan di rute Riau-Solo-Blitar. Mereka menggunakan bus Volvo B7R yang sudah dibekali suspensi udara untuk kelas Eksekutif. Namun, penumpang bus PT. SAN Putra Sejahtera yang dikenal dengan PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN) bertambah, tidak hanya kelas Eksekutif tetapi juga untuk Kelas Bisnis dengan konfigurasi tempat duduk 2-3. Kini, PO. SAN mencoba membuat terobosan baru. Mereka menggabungkan dua kelas dalam satu layanan yang mereka sebut Ekonomi Premium.

Sani, panggilan akrab Kurnia Lesani Adnan, mengatakan ada keunikan dalam kelas Ekonomi Premium. Secara bangku, bus itu memiliki konfigurasi kursi 2-2 yang identik dengan kelas Eksekutif. Namun, panjang bus yang mencapai 13,5 meter membuat bus bisa diisi untuk memuat 52 kursi + 2 (smoking area).

"Mengapa kami sebut Ekonomi Premium, pertama bus ini menggunakan sasis bus premium yang ada di kelas teratas dari sasis bus premium di Indonesia saat ini. Karena jumlah kursi, kami tidak bisa menyebutnya sebagai kelas Eksekutif walaupun fasilitas seperti AC, sarana hiburan, toilet bantal dan selimut serta konfigurasinya sudah dua kursi di kanan dan dua kursi di kiri. Akhirnya kami menyebut kelas ini sebagai Ekonomi Premium," kata Sani.

PO. SAN menjadi perusahaan bus pertama di Indonesia yang mengoperasikan bus Maxi (Bus dengan Gross Vehicle Weight 18 Ton ke atas) tiga sumbu untuk rute antar pulau. Jarak tempuh satu kali perjalanan di atas 2.000 Km untuk rute Pasir Pangaraian ke Blitar.

Berita dilansir detik.com ini menyatakan, bus premium untuk kelas Ekonomi ini pun cukup kaya akan fitur. Selain suspensi udara, bus ini memiliki fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking System (EBS) serta Retarder untuk sistem pengereman.

Ada fitur unggulan lain yakni Hill Hold yang memudahkan pengemudi saat berhenti dalam kondisi menanjak. Transmisi Opticruise dari Scania meringankan kerja pengemudi selain kerja transmisi ini seperti transmisi semi otomatis (automated transmission) juga ada fitur Cruise Control di dalamnya. Tenaga 410 HP yang dihasilkan dari mesin membuat perjalanan di atas bus ini senyaman sedan. 

Menurut Sani, bus-bus bersuspensi udara sangat diminati pelanggan. Kemampuan meredam getaran dan guncangan suspensi udara yang lebih baik dari per membuat perjalanan jauh lebih nyaman.

"Saat Jalan Tol Trans Jawa, begitu pula Jalan Tol Trans Sumatera sudah terealisir, di saat itu pula kami kami sudah siap dengan armada terbaik dengan fitur keselamatan, kenyamanan dan memiliki kemampuan serta daya jelajah yang tinggi," ujar dia.(*)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]