Ada Rumah Cuma Dibangun 5 Hari, Harganya Rp 70 Jutaan


Kamis,21 Maret 2019 - 16:35:57 WIB
Ada Rumah Cuma Dibangun 5 Hari, Harganya Rp 70 Jutaan sumber photo detik.com

Siapa yang menyangka empat orang bisa membangun hunian tetap (huntap) hanya lima hari. Inovasi ini pun menjadi pertimbangan bagi para pengembangan properti yang masih melakukan dengan cara konvensional.

Biasanya, suatu hunian dibangun dengan cara konvesional bisa menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan lamanya. Namun, PT Tatalogam Lestari menawarkan pembangunan huntap hanya lima hari.

Tatalogam Lestari menamakan inovasi tersebut Domus yang merupakan rumah permanen instan dan tahan gempa.
 

Andi, seorang technical support Tatalogam Lestari menjelaskan awal mula perusahaannya menghadirkan pembangunan rumah tetap dengan cara instan karena lamanya waktu pembangunan dengan cara konvensional.

"Awalnya dari program sejuta rumah, kalau dilihat dari cara pengerjaan konvesional lama jadinya," kata Andi saat berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Bermodal bahan dasar baja ringan, kata Andi, menjadi salah satu kunci pembangunan suatu hunian menjadi lebih cepat. Pada dasarnya, pembangunan huntap Domus ini sama dengan hunian pada umumnya, yaitu pondasi dengan beton. Namun, yang membedakan adalah rangka bangunan, kolom praktis, dan rangka atap menggunakan baja ringan.

Selanjutnya, Domus hunian tetap instan ini juga menggunakan kombinasi dinding bata ringan, genteng metal. Pelaksanaannya tinggal dirakit sesuai kebutuhan dikutip dari laman detik.com.

"Jadi tidak perlu menunggu coran kering dulu, pengerjaannya bisa paralel," ujar dia.

Andi mengungkapkan, penyelesaian satu hunian tetap selama lima hari hitungannya untuk rumah tipe 21. Di mana melibatkan empat orang tukang.

"Huntap itu 5 hari selesai, karena pakai baja maka lebih lama waktu keruntuhannya dibanding pakai beton," jelas dia.

Teknologi Domus bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik, gudang, dan lain-lain.

Dengan kemampuan kecepatannya dalam proses membangun tersebut menjadikan Domus sebagai teknologi yang cocok dalam membangun rumah bagi korban bencana alam.

Harga untuk satu unit rumah pun terbilang murah. Untuk tipe 21 ditaksir sekitar Rp 30-70 jutaan. Adapun, cara untuk memesannya terbilang mudah yaitu bisa melalui aplikasi SiMantAPP.

Aplikasi itu bisa diunduh pada smartphone dan tersedia untuk android dan apple. Dari aplikasi tersebut, terdapat pilihan tipe rumah dan estimasi harga.

"Jadi ada paket rangka, paket putih, dan paket komplit," kata dia.

Andi menjelaskan, paket rangka itu hanya sebuah kerangka hunian meliputi rangka praktis, kuda-kuda, plafon, genteng, dan cladding. Paket putih, merupakan tambahan dari paket rangka yang meliputi bata ringan, roster keramik, kloset, kran, jendela, dan pintu penutup plafon.

Sedangkan paket komplit, juga tambahan dari paket putih yang meliputi plesteran plus aci bagian dalam dan luar rumah, serta pengecatan. (wili)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]