Meroket Hingga 17%, Harga CPO Terkoreksi karena Ambil Untung


Jumat,08 November 2019 - 11:10:13 WIB
Meroket Hingga 17%, Harga CPO Terkoreksi karena Ambil Untung sumber foto cnbcindonesia.com

Harga minyak sawit mentah (CPO) kontrak pengiriman 3 bulan melemah pagi ini terindikasi adanya aksi profit taking setelah menyentuh level jenuh belinya (overbought).

Dikutip dari laman cnbcindonesia.com, harga CPO kontrak di Bursa Derivatif Malaysia berada di 2.524 ringgit/ton, berkurang 4 ringgit atau 0,16% dibandingkan harga penutupan perdagangan kemarin.

Turunnya harga CPO pagi ini ditengarai oleh indikasi aksi profit taking karena harga sudah mencapai level jenuh belinya (overbought).

Sejak 14 Oktober hingga kemarin, harga CPO kontrak telah naik 17,2% secara point to point. Wajar saja kalau trader dan investor tergoda untuk mencairkan cuannya.

Pelemahan harga CPO juga dipicu oleh adanya kabar bahwa stok minyak sawit Malaysia bulan Oktober naik tertinggi tahun ini.

Menurut survei yang dilakukan Reuters, stok minyak sawit Malaysia bulan Oktober naik 2,8% dibanding September menjadi 5,2 juta ton.

Kenaikan stok terjadi karena kondisi musiman berupa tingkat produksi yang tinggi di bulan Oktober.

Hasil survei Reuters memperkirakan produksi bulan Oktober akan naik 2% dibanding September menjadi 1,88 juta ton.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dewan Sawit Malaysia (MPOB) menyebutkan bahwa tingkat produksi CPO akan mencapai titik tertingginya di bulan September atau Oktober.

Melansir Reuters, kenaikan stok minyak sawit akan tetap terjadi walau ekspor melonjak tajam hingga 13,1% menjadi 1,59 juta ton.

Kenaikan ekspor minyak sawit Malaysia dipicu oleh tingginya ekspor ke China yang mencapai 48% secara bulanan mengimbangi turunnya ekspor minyak sawit Malaysia ke India sebesar 37%.

Namun, diprediksi harga CPO tidak akan anjlok terlalu dalam. Pasalnya, analis memprediksi akan ada penurunan suplai karena produksi di Indonesia dan Malaysia turun akibat kekeringan dan penurunan penggunaan pupuk di tengah tingginya permintaan domestik untuk program biodisel. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]