Begini Tips untuk Perut Kenyang Tanpa Makan Berlebihan


Rabu,29 Januari 2020 - 09:48:09 WIB
Begini Tips untuk Perut Kenyang Tanpa Makan Berlebihan sumber foto merdeka.com

Bisa makan dengan kenyang tanpa jumlah yang berlebihan mungkin jadi keinginan bagi banyak orang. Untuk bisa memperoleh hal tersebut, terdapat satu tips cerdik yang bisa kamu coba.

Dilansir dari laman merdeka.com, Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay membeberkan rahasianya melalui video yang dikirimkan kepada Health Liputan6.com.

"Pertama-tama, sebelum makan, minum air putih dulu. Air putih ini akan meregangkan lambung. Begitu lambung renggang, dia akan mengirimkan sinyal ke otak agar kamu enggak makan berlebihan," tutur Vito. "Setelah itu, makan buah. Rasa manis asamnya bisa juga ,mengirimkan sinyal ke otak supaya kita jangan makan berlebihan," sambungya.

Kunyah Pelan-Pelan

Langkah selanjutnya, makanan harus dikunyah pelan-pelan. Tujuannya enzim kita cukup menyerap dengan baik. "Cara ini juga akan memberikan waktu 20 menit, setelah kita makan pertama (dengan buah). Sebaiknya, tunggu dulu (jeda), jangan dulu nambah," Vito menerangkan. "Pikir-pikir dulu kalau mau nambah. Malahan kita mungkin enggak mikir mau nambah, tapi tetap kenyang," sambungnya.

Porsi Makan

Untuk porsi menu makan, nasi diambil tidak lebih dari sekepalan tangan. "Kalau saya ya pilih nasi merah karena enggak bikin darah melonjak tinggi. Kerja insulin jadi enggak sampai setengah mati," tambah Vito sambil menyendok nasi merah ke piringnya.

"Agar lauk makin nikmat bisa ditambah sambal. Kunci dari lauk enak ya bumbunya dan sambal. Ukuran lauk yang bisa kita ambil setelapak tangan." Vito pun mengingatkan sayuran juga penting dimakan. Serat yang terkandung pada sayur membuat kita lebih tahan lama kenyang. "Jadi, kita enggak pengen makan lagi. Buat sayurnya, kalau saya setengah piring. Dengan demikian, kita tetap kenyang dan lama laparnya," tutup Vito. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]