Muhammad Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua MA


Senin,06 April 2020 - 15:07:29 WIB
Muhammad Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua MA sumber foto kabar24.bisnis.com

Wakil  Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi Ketua MA dengan perolehan 32 suara pada putaran kedua pemilihan Ketua MA yang berlangsung hari ini, Senin (6/4/2020).

Dilansir dari laman kabr24.bisnis.com, sementara, hakim MA Andi Samsan Nganro yang turut serta bertarung pada putaran kedua, hanya meraih 14 suara, sementara satu suara abstein.

Pada putaran pertama, Muhammad Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro meraih suara terbanyak yaitu 14 suara untuk Andi Samsan Nganro dan Syafruddin 22 suara dari total 46 suara, sisanya abstein.

Kini, Muhammad Syarifuddin telah resmi terpilih menjadi Ketua MA menggantikan Hatta Ali yang sudah memasuki masa purna tugas pada 1 Mei 2020 nanti.

Pemilihan Ketua MA baru tersebut digelar untuk mencari pengganti Hatta Ali yang masuk masa pensiun awal bulan depan. Syarifuddin saat ini merupakan Wakil Ketua MA bidang Yudisial.

Hatta Ali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung periode 2012-2017, kemudian terpilih kembali dalam periode 2017-2022. Saat terpilih dalam periode keduanya, ia berusia 67 tahun dan akan memasuki masa purnatugas pada 1 Mei 2020.

Sementara salah satu syarat menjadi ketua MA adalah masih menjabat sebagai hakim agung, sehingga pemilihan dilakukan sebelum ia memasuki masa pensiun.

Sejumlah inovasi terjadi di Mahkamah Agung selama kepimpinan Hatta Ali, di antaranya sistem informasi penelusuran perkara (SIPP), sistem administrasi perkara dan persidangan secara elektronik (e-Litigasi) dan sistem penerimaan pengaduan online (SIWAS).

Namun, sejumlah pihak mencatat masih terdapat pekerjaan rumah untuk ketua MA yang baru, di antaranya pungutan liar di pengadilan serta belum terpenuhinya standar layanan keadilan yang sederhana, misalnya penyampaian salinan putusan yang masih terus berlarut-larut dan melampaui waktu 14 hari. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]