Dampak Corona, 1,65 Juta Pekerja Kena PHK dan Dirumahkan


Senin,13 April 2020 - 14:03:41 WIB
Dampak Corona, 1,65 Juta Pekerja Kena PHK dan Dirumahkan sumber foto economy.okezone.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan agar program kartu prakerja segera dijalankan secepat mungkin. Mengingat saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dilansir dari laman economy.okezone.com, Ketua Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, hingga saat ini sudah ada 1,65 juga Warga Negara Indonesia (WNI) yang kena PHK dan dirumahkan. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan data Kementerian Ketenagakerjaan pada 11 April lalu yang hanya 1,5 juta saja. "Ada 1,65 juta WNI yang sudah PHK dan dirumahkan jadi harus segera kartu prakerja," ujarnya dalam telekonferensi, Senin (13/4/2020).

Menurut Doni, Presiden Joko Widodo juga meminta agar penyaluran program bantuan sosial khususnya di Jabodetabek bisa segera disalurkan. Apalagi untuk wilayah Jabodetabek ini sudah ditetapkan sebagai wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). "Dan mulai program sosial sehingga masyarakat di Jabodetabek mendapat dukungan terutama sembako dari Kementerian Sosial," kata Doni.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga meminta agar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang di luar negeri diperhatikan juga. Jangan sampai akibat kebijakan lockdown di beberapa negara, TKI justru kelaparan karena kekurangan bahan makanan. "Termasuk TKI kita di Malaysia juga diperhatikan terus menerus sehingga tidak kekurangan bahan makanan," kata Doni. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]