5 Bentuk Dukungan bagi Mereka yang Terinfeksi Virus Corona Covid-19


Rabu,15 April 2020 - 15:38:26 WIB
5 Bentuk Dukungan bagi Mereka yang Terinfeksi Virus Corona Covid-19 Sumber foto liputan6.com

Saat ini, banyak fenomena dan stigma buruk yang muncul kepada orang-orang setelah terpapar virus Corona Covid-19. Mereka yang sudah dinyatakan positif Corona Covid-19 atau bahkan masih berstatus ODP dan PDP umumnya dijauhi masyarakat yang takut tertular.

Dilansir dari laman liputan6.com, bahkan yang lebih tragis, mereka yang meninggal dunia karena terinfeksi Corona Covid-19, jenazahnya ditolak oleh masyarakat setempat untuk dimakamkan.

Kejadian itu pun menambah luka mendalam bagi keluarga pasien. Sebab, sebelumnya mereka juga sudah tidak bisa mendampingi ketika si pasien sakit. Dalam situasi ini, Anda bisa membantu dan memberikan berbagai dukungan di tengah kesulitan yang sedang mereka hadapi.

Berikut bentuk dukungan kepada pasien Corona Covid-19 yang bisa ditiru dikutip dari berbagai sumber:

Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Bentuk dukungan yang bisa diberikan pada pasien Corona Covid-19 yang pertama dapat memaksimalkan penggunaan teknologi saat ini. Anda bisa menjangkau melalui telepon ataupun berkirim pesan atau bahkan mengirimkan pesan video dan audio yang menunjukkan belasungkawa. Apalagi apabila mereka orang terdekat Anda.

Korban akan sangat mungkin merasa tertekan dan tidak tahu harus bereaksi apa dengan menghadapi tragedi tersebut pada awalnya. Tetapi, Anda bisa terus berkomunikasi dan menawarkan bantuan. Biarkan orang itu tahu kalau dia tidak sendirian dan Anda siap berbagi kesedihan mereka.

 Kirimkan Sesuatu

Bentuk dukungan yang bisa Anda berikan pada korban Covid-19 selanjutnya adalah mengirimkan sesuatu yang mengungkapkan tanda kasih sayang kepada mereka.

Alih-alih bertanya apakah bisa melakukan sesuatu, Anda bisa langsung mengirimkan beberapa tanda kasih sayang kepada mereka. Tanda kasih sayang itu bisa berupa bunga atau barang-barang yang dibutuhkannya selama masa karantina di rumah.

Namun, Anda juga harus terlebih dahulu memberi tahu tindakan itu untuk orang atau keluarga yang berduka. Sebab tujuan Anda adalah untuk mendukung, bukan menyakiti.

Jadi Pendengar yang Baik

Bentuk dukungan yang bisa diberikan pada pasien Corona Covid-19 selanjutnya adalah dengan selalu merasa peka pada lingkungan sekitar dan selalu beri perhatian kepada mereka.

Menjadi pendengar yang baik merupakan sesuatu yang diperlukan oleh seseorang ketika sedang berduka ataupun sedih. Jangan pernah mengatakan Anda tahu bagaimana perasaan yang sedang mereka rasakan, meskipun Anda pernah mengalaminya di masa lalu.

Sebab, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap situasi dan penting untuk menerima perbedaan. Biarkan orang itu mencurahkan hatinya untuk Anda, sehingga akan membuatnya merasa sedikit lebih ringan.

Mungkin akan sulit mendengar secara terus-menerus, namun hal itu dapat bermanfaat bagi mereka. Pastikan juag Anda tidak menggunakan bahasa apapun yang bersifat menghakimi. Selain itu, jangan pernah memberitahu orang yang berduka tentang apa yang harus dia lakukan.

Doakan yang Terbaik

Guna tetap mendukung kesembuhan ataupun duka mendalam bagi para keluarga yang telah ditinggalkan oleh orang terdekatnya ataupun sedang berjuang melawan Corona Covid-19, mendoakan yang terbaik untuk mereka merupakan sebuah cara yang dapat Anda lakukan untuk mereka.

Berdoa ataupun mendoakan para korban merupakan suatu bentuk dukungan spritual bagi mereka agar tetap semangat menjalani hidup dan menghilangkan duka mendalam bagi mereka yang ditinggalkan oleh orang-orang terdekatnya akibat Covid-19.

Berdoa dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, yang terpenting adalah doa tersebut dapat memberikan kekuatan spiritual bagi mereka yang saat ini sedang berjuang melawan Corona Covid-19.

 Berikan Kata-Kata Motivasi

Bentuk dukungan yang dapat Anda berikan kepada para korban Covid-19 adalah memberikan kata-kata motivasi dan penyemangat bagi mereka yang saat ini sedang berjuang melawan Corona Covid-19. Kata-kata motivasi berisi harapan, keyakinan, kekuatan, maupun pikiran positif merupakan kata-kata tepat yang dapat Anda berikan untuk mereka.

Hal ini bertujuan agar mereka dapat kuat menjalani kehidupan selanjutnya ataupun memberikan semangat bagi mereka yang saat ini sedang melawan virus Covid-19 yang menyerangnya.

Pilihlah kata-kata motivasi yang merefleksikan kekuatan dan harapan penuh kedepan agar mereka termotivasi untuk sembuh merupakan suatu hal yang sangat berguna dan berdampak besar bagi mereka yang saat ini sedang dirundung duka akibat adanya pandemi Corona Covid-19 ini. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]